Tuesday, 02 July 2019

4 Jaminan Mutu Bagi Pelanggan Laboratorium Klinik Prodia

Laboratorium Klinik Prodia telah berkontribusi dalam memajukan penelitian dan pengembangan ilmu kesehatan khususnya laboratorium kesehatan di Indonesia. Sebagai perwujudannya, Laboratorium Klinik Prodia selalu berupaya memberikan pelayanan sepenuh hati dengan memperhatikan kenyamanan pelanggan ketika mengikuti prosedur pemeriksaan.

Penerapan di semua aspek laboratorium klinik, mulai dari pengambilan sampel (pra-analitik) hingga penyerahan hasil (pasca-analitik) dalam memenuhi harapan pelanggan dan peningkatan outcome (hasil pelayanan) pelanggan merupakan salah satu jaminan mutu

Jaminan mutu pada proses pra-analitik diberikan terhadap kualitas sampel pelanggan, kenyamanan dan keamanan pelanggan saat pengambilan darah, keselamatan sampel pelanggan, dan kualitas sampel selama pengiriman.

  1. Jaminan terhadap kualitas sampel pelanggan dilakukan sejak awal di laboratorium klinik Prodia. Laboratorium Klinik Prodia melakukan standarisasi persyaratan pemeriksaan untuk membersihkan faktor-faktor yang dapat mengganggu keakuratan hasil pemeriksaan, seperti mewajibkan puasa kepada pelanggan demi kualitas sampel pelanggan yang tepat. Penolakan sampel yang tidak sesuai dengan ketetapan kriteria sampel juga dilakukan agar pelanggan dapat memperoleh hasil pemeriksaan yang akurat dan bermakna.
  2. Regulasi pengambilan darah yang mengacu kepada rekomendasi nasional dan internasional adalah wujud Laboratorium Klinik Prodia dalam memberikan jaminan terhadap kenyamanan dan keamanan pelanggan saat pengambilan darah. Penggunaan jenis tabung disesuaikan dengan kebutuhan sampel pemeriksaan sesuai dengan urutan penggunaan tabung yang benar guna menghindari kontaminasi silang zat aditif tabung yang dapat mengganggu hasil pemeriksaan. Pengambilan darah dengan jaminan sekali tusuk dan mengurangi rasa sakit dilakukan sebagai wujud kenyamanan yang diberikan kepada pelanggan.
  3. Tabung darah dengan gel barrier digunakan sebagai tabung primary pada proses reaksi pemeriksaan sehingga tidak ada proses pemindahan sampel ke tabung lain dan proses re-labeling. Sistem barcode dan check and re-check diterapkan pada setiap tabung untuk menjamin sampel tidak tertukar. Jaminan terhadap keselamatan sampel pelanggan tersebut dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan terjadi kesalahan proses pelabelan ulang sampel.
  4. Stabilitas sampel darah untuk pemeriksaan khusus di Laboratorium Klinik Prodia pusat rujukan regional maupun nasional dijaga sebagai bentuk jaminan terhadap kualitas sampel selama pengiriman dengan pengondisian wadah sampel yang sesuai dengan syarat kondisi lingkungan dan terpantau (penggunaan boks, wadah sampel, jenis ice pack dengan standarisasi dan telah melalui tahapan evaluasi). Pemantauan kondisi selama pengiriman dilakukan dengan perekaman suhu mulai dari pengiriman hingga sampel diterima.
863 Views