Gaya Hidup Sehat

Rabu, 16 Januari 2019

Jangan Biarkan Alergi Menggangu Harimu

Apakah alergi berbahaya?
Ya, terutama jika hasil pemeriksaan menunjukkan konsentrasi IgE yang tinggi. Pada kondisi tersebut, alergi dapat menyebabkan anafilaksis, yaitu reaksi alergi yang dapat mengancam jiwa, misalnya penurunan tekanan darah secara tiba – tiba sehingga menyebabkan hilangnya kesadaran, atau pembengkakan pada saluran pernafasan yang menyebabkan sesak nafas.

Apakah penyakit alergi diturunkan?
Alergi yang diturunkan dikenal dengan istilah atopy. Jika kedua orang tua memiliki alergi, umumnya diturunkan sekitar 60-80%. Jika hanya salah satu orang tua saja, maka risiko alergi menurun hingga 30%. Jenis alergi yang dialami orang tua dan anak mungkin berbeda, misalnya orang tua yang alergi coklat memiliki anak yang alergi udang. Pada kasus alergi, yang diturunkan bukanlah alergi itu sendiri, namun kecenderungan membentuk IgE dalam jumlah banyak dan kerentanan tubuh terhadap gejala alergi. Alergi tetap dapat terjadi meskipun tidak ada keturunan. Paparan alergen pada saat sistem imun tubuh lemah, misalkan dalam masa pemulihan setelah sakit, dapat memicu alergi.

Pemeriksaan  IgE Atopy Panel Indonesia
Pemicu alergi disebut alergen. Pada individu yang mengalami alergi, suatu alergen dapat memicu tubuh untuk menghasilkan antibodi IgE yang menyebabkan munculnya gejala alergi seperti gatal – gatal, ruam, pembengkakan, dan lain sebagainya.

Pemeriksaan IgE Atopy Panel Indonesia adalah pemeriksaan untuk mendeteksi IgE terhadap 55 jenis alergen di dalam darah. Pemeriksaan ini bermanfaat untuk menentukan penyebab terjadinya alergi.

668 Dilihat