Selasa, 05 November 2019

Nutrisi Dalam Durian

Durian adalah rajanya buah yang sangat populer di Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Thailand, dan Malaysia. Durian berukuran relatif besar, berduri, dan memiliki bau yang khas. Rasa manis durian yang unik menjadikannya buah favorit bagi banyak orang, tapi ada juga yang tidak menyukainya hanya karena tidak tahan dengan bau durian yang bikin pusing dan mual.

Beruntung bagi Anda yang menjadi salah satu penggemar durian, karena tidak hanya rasanya saja yang dapat Anda nikmati tapi ternyata diam-diam dalam durian terkandung nutrisi yang baik untuk kesehatan Anda.

Manfaat Durian untuk Kesehatan

Seperti buah pada umumnya, manfaat kesehatan yang diberikan durian sebagian besar dari vitamin C yang dikandungnya. Durian adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Tubuh secara alami tidak dapat memproduksi vitamin C sehingga untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh harus diperoleh dari sumber di luar. Vitamin C sangat penting untuk kesehatan tulang dan otot, penyerapan zat besi, penyembuhan luka, dan pencegahan terhadap berbagai penyakit.

Durian secara alami juga kaya akan kalium, dietary fiber, dan vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk mengurangi kelelahan, stres, dan kecemasan; metabolisme tubuh; serta pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi sel-sel tubuh.

Durian merupakan sumber nutrisi yang sangat baik, namun juga tinggi kalori dan karbohidrat sehingga harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Satu durian dengan berat sekitar 1 kg memiliki jumlah kalori total hampir 1.350 kalori atau 68% dari 2.000 kalori per hari yang direkomendasikan untuk rata-rata orang dewasa. Satu biji durian berbobot sekitar 40 g atau 54 kalori.

Jika Anda mengidap diabetes, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi durian karena kandungan gula yang tinggi dalam buah tersebut. Durian mengandung gula sederhana seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Akan tetapi bagi Anda yang sehat atau tidak mempunyai masalah dengan gula darah, kandungan karbohidrat yang tinggi dalam durian dapat dijadikan sebagai sumber makanan penambah energi yang mengeyangkan.

Durian mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang tapi karena durian bisa membuat ketagihan, orang sering makan durian secara berlebihan. Makan durian yang berlebihan tentu tidak akan baik untuk kesehatan.
 

Sumber:

 

210 Dilihat