ARTIKEL KESEHATAN

Jumat, 06 Oktober 2017

Berapa Lama Waktu Selesai Hasil Pemeriksaan?

artikel arlt

Menunggu hasil pemeriksaan itu benar-benar mendebarkan dan pelanggan inginnya segera dapat mengetahui hasil yang juga positif dan menggembirakan. Namun, lamanya waktu selesai hasil pemeriksaan (WSHP) itu bervariasi, dipengaruhi oleh lamanya setiap tahapan yang ada dalam proses pemeriksaan tersebut, yaitu mulai dari tahap praanalitik, analitik, dan pascaanalitik.

Praanalitik

Setelah pasien datang ke Prodia, dilakukan pendaftaran pemeriksaan oleh petugas laboratorium sesuai dengan kebutuhan dokter pengirim, lalu dilanjutkan dengan pengambilan sampel pasien oleh petugas Phlebotomist Prodia. Sampel pasien kemudian diserahkan ke Bagian Distribusi Sampel untuk dicek keakuratan data dan kondisinya. Hanya sampel yang memenuhi persyaratan akan dikerjakan.

Sampel yang diterima di Bagian Distribusi Sampel, agar terjadi proses pembekuan yang sempurna, dibiarkan minimal 30 menit. Jika proses pembekuan tidak memenuhi waktu yang ditetapkan, akan terbentuk komponen yang pada proses pengerjaan sampel di laboratorium dapat menyebabkan hasil yang tidak konsisten atau akurat. Inilah yang menjadi faktor kritis dan untuk memastikan kualitas sampel tersebut diperlukan waktu tunggu minimal 30 menit. Setelah proses pembekuan sempurna, maka sampel disentrifugasi dan siap untuk diserahkan ke Laboratorium.

Sampel yang diterima di laboratorium dicek kembali kesesuaian data pasien, jenis dan kondisi sampel. Dan sampel yang memenuhi persyaratan kemudian dikerjakan oleh petugas laboratorium sesuai daftar tes yang diminta.

Analitik

Di laboratorium, semua instrumen dan bahan yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan tes harus dipastikan dalam keadaan yang baik melalui program Quality Control. Adanya program ini memberikan jaminan kepada pasien, bahwa pengerjaan sampel hanya akan dilakukan pada sistem analitik dan instrumen yang "error" maka laboratorium tidak akan menggunakan instrumen tersebut untuk mengerjakan sampel pasien. Untuk melaksanakan proses quality control ini dibutuhkan waktu persiapan.

Paskaanalitik

Setelah sampel dikerjakan, maka hasil akan divalidasi, baik secara teknis oleh petugas laboratorium yang ditunjuk, maupun secara klinis oleh Quality Validator atau Dokter Penanggung Jawab. Apabila ditemukan hasil yang "meragukan" atau " tidak sesuai status/kondisi pasien" maka Dokter Penanggung Jawab dapat meminta dilakukan pengulangan pemeriksaan. Hal ini bertujuan untuk memastikan dan mengonfirmasi hasil laboratorium, yang merupakan bagian dari Patient Safety. Laboratorium wajib memberikan hasil yang akurat dan benar kepada pasiennya.

Dari tahapan proses tersebut, terlihat bahwa untuk memberikan hasil pemeriksaan yang akurat dan tepat waktu, diperlukan adanya cek dan ricek, program quality control dan validasi hasil di mana setiap proses membutuhkan waktu.

Waktu yang dibutuhkan

Untuk tes yang termasuk pemeriksaan rutin, seperti kimia klinik, hematologi dan urinalisa, hasilnya dapat diberikan dalam waktu yang cepat, sedangkan untuk pemeriksaan yang dikirimkan ke Prodia Reference Lab membutuhkan waktu yang lebih lama. Untuk pemeriksaan kimia klinik, waktu proses sejak sampel diterima di laboratorium sekitar 60-70 menit, sedangkan untuk hematologi rata-rata waktu proses 65-80 menit. Pemeriksaan urinalisa membutuhkan waktu pengerjaan rata-rata 60-75 menit. Dan untuk tes imunologi maka rata-rata waktu proses adalah 95-110 menit. Waktu proses di atas dihitung sejak sampel diterima laboratorium. Jika dihitungkan janji hasil sejak pasien datang ke Prodia sampai dengan hasil dapat diambil, adalah rata-rata 2,5 - 3 jam. Jika permintaan tes hanya kimia atau hematologi saja, maka waktu selesai yang dijanjikan kepada pasien dapat lebih cepat.

Seorang pasien yang dalam kondisi tertentu bisa saja meminta hasil pemeriksaannya dikeluarkan segera dengan menyampaikan kebutuhannya tersebut kepada petugas Prodia. Apabila memungkinkan, maka permintaan pelanggan itu akan dipenuhi.

Komitmen prodia kepada pelanggannya adalah memberikan hasil yang akurat, andal, dapat dipercaya dan tepat waktu. Pencapaian Prodia dalam mempercepat hasil pemeriksaan sejak tahun 2012-2017, di mana setiap tahunnya waktu proses laboratorium menjadi semakin cepat. Pada tahun 2012 waktu mencapai 196 menit dan di tahun 2017 semester 1, pencapaian hasil menunjukkan 132 menit.

772 Dilihat
publik
dokter
perusahaan
Top Brands 2016 Frost & Sullivan Best Brand Gold

PT Prodia Utama

innodia Prodia th CRO Prodia accupational health institue ProSTEM ProLine