ARTIKEL KESEHATAN

Rabu, 12 September 2018

Bukan Alergi, Mungkin Ini yang Anak Alami

artikel arlt

Seorang anak mungkin mengalami gejala diare setelah mengonsumsi susu sapi, karena tidak dapat mencernakan laktosa, gula alami pada susu sapi, sehingga menyebabkan gangguan di saluran pencernaannya. Kasus itu disebut intoleransi makanan (food intolerance) dengan penyebab dan gejala mirip alergi.

Intoleransi makanan adalah reaksi negatif dari sistem pencernaan terhadap makanan tertentu, akibat keterbatasan kemampuan saluran cerna dalam mencerna suatu zat tapi tidak melibatkan sistem imun tubuh.

Orang dengan intoleransi makanan mungkin tidak akan mengalami gangguan kalau hanya makan sebagian kecil. Jika mengalami intoleransi pada makanan tertentu, ketidaknyamanan dalam tubuhnya mungkin baru dirasakan setelah beberapa hari mengonsumsinya.Walau membuat tidak nyaman, tetapi intoleransi makanan tidak sampai membahayakan jiwa.

Berbeda halnya dengan alergi makanan, sistem imun tubuh akan bereaksi terhadap alergen (zat yang menimbulkan alergi). Respon yang timbul akibat alergi makanan lebih berat dan bereaksi cepat, walaupun makan dalam jumlah sedikit, seperti bibir yang tiba-tiba membengkak, kesulitan bernapas atau muntah.

Mengetahui penyabab intoleransi makanan

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan intoleransi makanan. Bahan penyebab intoleransi itu adalah berbagai pewarna makanan dan penyedap (monosodium glutamat/MSG). Dan, sulfida yang ditambahkan pada produk alami olahan, seperti anggur merah, sebagai pengawet untuk mencegah pertumbuhan jamur juga merupakan sumber intoleransi bagi beberapa orang.

Selain itu, salisilat, kelompok bahan kimia dari tanaman yang ditemukan secara alami di banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, kopi, jus, bir, dan anggur juga bisa menyebabkan intoleransi. Dan, aspirin, juga senyawa dari keluarga salisilat.

Makanan yang mengandung salisilat dapat memicu gejala alergi pada orang yang sensitif terhadap aspirin. Tentu saja, setiap makanan yang dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan gejala gangguan pencernaan.

390 Dilihat
publik
dokter
perusahaan
Top Brands 2016   Best Brand Gold

PT Prodia Utama

innodia Prodia th CRO Prodia accupational health institue ProSTEM ProLine