ARTIKEL KESEHATAN

Senin, 06 Maret 2017

Deteksi Dini Gangguan Ginjal

artikel arlt

PGK (Penyakit Ginjal Kronis) sering disebut sebagai the silent killer karena seringkali tidak dirasakan gejalanya, terutama pada stadium dini. Pada kasus PGK, gangguan bersifat menahun dan tidak dapat dinormalkan kembali sehingga menimbulkan penderitaan berkepanjangan.

Pada PGK tahap awal tidak ada gejala yang khas, mungkin gejala yang dikeluhkan oleh penderita didominasi oleh gejala penyakit dasar penyebab PGK. Gejala yang muncul daapt berupa: cepat lelah, kurang bertenaga, nafsu makan turun, mual, muntah, sulit tidur, kram otot (terutama pada malam hari), seringkali ingin berkemih pada malam hari, pembengkakan pada kaki/pergelangan kaki, kulit gatal dan kering, bengkak seputar mata (pada pagi hari). Dapat juga menyebabkan nyeri tulang, mudah terjadi perdarahan saluran cerna, dan pada fase lanjut dapat menyebabkan kejang, gangguan kesadaran.

Karena pada tahap awal tidak menimbulkan gejala maka deteksi dini PGK dianjurkan terutama kepada mereka yang termasuk kelompok risiko tinggi.

Di Indonesia, penyebab PGK paling utama adalah diabetes melitus (kencing manis). Penyebab kedua tersering adalah hipertensi (tekanan darah tinggi), dan penyebab yang ketiga adalah batu ginjal/saluran kemih yang umumnya disertai dengan infeksi ginjal/saluran kemih. Penyebab lainnya adalah gangguan otoimun, pemakaian obat-obatan jangka panjang terutama obat-obat rematik, kelainan ginjal bawaan seperti ginjal polikistik.

Adapaun pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk deteksi PGK adalah pemeriksaan albumin urine kuantitatif, pemeriksaan sedimen urin, dan kreatinin atau Cystatin C. Pemeriksaan Cystatin C merupakan pemeriksaan yang relatif baru dan dapat dikatakan lebih baik dari kreatinin untuk menentukan eLFG (prakiraan/estimasi laju filtrasi Glomerulus), yakni berapa banyak darah yang dapat disaring oleh glomerulus (unit penyaring ginjal) dalam satu menit. Nilai eLFG ini mencerminkan fungsi ginjal.

1465 Dilihat
publik
dokter
perusahaan
Top Brands 2016 Frost & Sullivan Best Brand Gold

PT Prodia Utama

innodia Prodia th CRO Prodia accupational health institue ProSTEM ProLine