ARTIKEL KESEHATAN

Rabu, 11 April 2018

Kanker Prostat, Musuh Kaum Pria

artikel arlt

Prostat merupakan kelenjar reproduksi pria yang berukuran sebesar buah kenari. Kelenjar kecil ini terletak di bawah kandung kemih dan berada di depan dubur (anus), serta mengelilingi bagian terdepan saluran urin. Tepat di bagian atas prostat terdapat seminal vehicles, yakni 2 (dua) kelenjar kecil yang berfungsi memproduksi sekitar 60% unsur pembentuk cairan semen. Cairan semen merupakan media transportasi dan nutrisi bagi sperma. Di sepanjang prostat menempel saraf yang bertugas mengontrol fungsi ereksi.

Dari anatominya jelas terlihat bahwa prostat memiliki peran penting baik di sistem urin maupun reproduksi. Di sistem urin, prostat membantu mengontrol pengeluaran urin dengan menekan langsung bagian saluran urin yang dikelilinginya. Sementara di sistem reproduksi, prostat merupakan penghasil unsur-unsur yang sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup sperma dan dalam proses fertilisasi (pembuahan).

Kanker prostat adalah suatu keganasan yang berkembang di prostat, akibat adanya pertumbuhan abnormal dan tidak terkendali dari sel-sel prostat hingga mendesak dan merusak jaringan normal di sekitarnya, bahkan dapat mengancam jiwa. Penyebab terjadinya kanker prostat belum diketahui secara pasti, namun terdapat 2 (dua) faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko terkena kanker prostat, yakni usia dan riwayat keluarga. Risiko terkena kanker prostat semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Selain itu, jika ada anggota keluarga yang pernah terkena kanker prostat, maka risikonya menjadi 2 (dua) kali lipat. Risiko pun semakin bertambah jika anggota keluarga tersebut terkena kanker prostat di usia muda kurang dari 55 tahun, atau terdapat 2 (dua) atau lebih anggota keluarga yang terkena kanker prostat.

Faktor lain yang juga diduga dapat meningkatkan risiko terkena kanker prostat (meski kaitannya belum jelas), diantaranya kondisi hormonal, kebiasaan merokok, banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak tapi sedikit sayuran, serta kurang aktivitas fisik atau olahraga. Dengan mengetahui faktor-faktor risiko tersebut dapat membantu menentukan kapan sebaiknya para pria melakukan skrining kanker prostat.

Di kalangan pria, kanker prostat merupakan gangguan kesehatan yang patut diwaspadai. Prostat adalah kelenjar reproduksi yang hanya terdapat pada pria, dan berfungsi memproduksi sperma serta menjaga sperma agar tetap hidup. Oleh sebab itu, kanker prostat menjadi gangguan kesehatan utama bagi para pria.

289 Dilihat
publik
dokter
perusahaan
Top Brands 2016   Best Brand Gold

PT Prodia Utama

innodia Prodia th CRO Prodia accupational health institue ProSTEM ProLine