ARTIKEL KESEHATAN

Kamis, 05 Oktober 2017

Kapan Premarital Check-Up Sebaiknya Dilakukan?

artikel arlt

Tidak ada batasan waktu yang pasti untuk melakukan premarital check-up atau check-up pranikah. Namun, premarital check-up yang dilakukan pada enam bulan sebelum dilangsungkannya pernikahan dianggap ideal. Pertimbangannya, jika ditemukan masalah pada hasil pemeriksaan kesehatan, kedua calon pengantin masih memiliki cukup waktu untuk segera melakukan pengobatan yang diperlukan. Paling tidak premarital check-up dapat dilakukan satu bulan sebelum menikah, karena hasilnya tidak membutuhkan waktu yang lama dan jika terjadi sesuatu dapat dilakukan perawatan untuk memperbaikinya.

Apa yang dilakukan bila ada masalah?

Apabila penyakitnya cukup serius, jangan ragu untuk menyusun ulang rencana pernikahan sampai pengobatan dapat dituntaskan.

Jangan sampai timbul penyesalan setelah menikah, hanya gara-gara penyakit yang dapat disembuhkan dari jauh-jauh hari sebelumnya lalu menjadi masalah yang merusak kebahagiaan rumah tangga nantinya.

Apa manfaat premarital check-up?

Selain mempersiapkan kesehatan diri dari masing-masing pasangan, serta mempersiapkan buah hati yang sehat nantinya, premarital check-up juga memiliki manfaat lain. Manfaat lain dari premarital check-up adalah dapat melakukan vaksinasi pada calon ibu sebelum hamil, terdapat vaksin yang tidak boleh diberikan pada saat hamil, yang harus diberikan empat bulan atau paling tidak empat minggu sebelum hamil, yaitu MMR.

Bila calon ibu belum punya kekebalan terhadap virus rubella yang menyebabkan janinnya terinfeksi dapat divaksin terlebih dahulu. Infeksi rubella pada saat hamil berisiko menimbulkan kelainan pada janin, seperti kepala kecil, tuli, kelainan jantung dan kematian. Selain itu, pemberian vaksin TT (Tetanus Toksoid) diberikan untuk meningkatkan kekebalan terhadap tetanus.

Premarital check-up diharapkan dapat mengubah perilaku calon bapak dan ibu, yang mungkin mempunyai kebiasaan tidak baik, seperti merokok, minum alkohol atau narkoba, yang tidak sadar bahwa hal itu membahayakan pasangan maupun anaknya. Mengingat premarital check-up sangat penting, karena itu bagi mereka yang siap nikah sebaiknya melakukan pemeriksaan ini lebih dahulu.

1205 Dilihat
publik
dokter
perusahaan
Top Brands 2016   Best Brand Gold

PT Prodia Utama

innodia Prodia th CRO Prodia accupational health institue ProSTEM ProLine