ARTIKEL KESEHATAN

Rabu, 11 April 2018

Kenali 10 Tanda Dini Kanker Prostat

artikel arlt

Kanker prostat biasanya berkembang secara lamban dan butuh waktu bertahun-tahun. Selama itu, seringkali tidak muncul gejala hingga telah mencapai stadium lanjut. Meski pada stadium lanjut dapat muncul gejala, tapi gejalanya tidak khas karena mirip gejala benign prostatic hyperplasia (penyakit pembesaran prostat jinak yang sering dijumpai pada pria usia lanjut). Namun demikian, di bawah ini terdapat 10 (sepuluh) tanda dini yang dapat membantu para pria untuk mengenali gejala kanker prostat.

  1. Sulit buang air kecil

Gejala ini dapat berupa keinginan ingin buang air kecil tapi tidak ada yang keluar, berhenti saat sedang buang air kecil, keinginan masih ingin buang air kecil atau harus sering ke toilet untuk buang air kecil karena keluarnya sedikit-sedikit. Gangguan proses buang air kecil tersebut terjadi akibat adanya tumor yang menyebabkan pembesaran kelenjar prostat yang terdapat di sekitar saluran kemih.

  1. Nyeri saat buang air kecil

Terjadi akibat adanya tumor prostat yang menekan saluran kemih. Gejala ini tidak khas, karena juga dapat menjadi gejala dari benign prostatic hyperplasia dan infeksi prostat (prostatitis).

  1. Urin berdarah

Gejala ini jarang terjadi, namun jangan diabaikan. Segera periksa ke dokter meskipun darah yang keluar hanya sedikit, samar-samar atau berwarna merah muda. Kadangkala, urin berdarah juga terjadi pada infeksi saluran kemih.

  1. Gangguan ereksi

Tumor prostat dapat menyebabkan aliran darah ke penis yang seharusnya meningkat saat terjadi ereksi menjadi terhambat, sehingga menjadi sulit ereksi. Tumor prostat juga bisa menyebabkan gangguan ejakulasi setelah ereksi. Namun, gejala ini juga tidak khas karena dapat muncul pada benign prostatic hyperplasia.

  1. Darah pada sperma

Sama seperti darah pada urin, dapat keluar hanya sedikit, samar-samar atau berwarna merah mudah. Meski demikian, gejala ini patut untuk diwaspadai.

  1. Sulit buang air besar dan terdapat gangguan pencernaan lainnya

Kelenjar prostat terletak di bawah kandung kemih dan di depan rektum, sehingga jika terdapat tumor dapat menganggu pencernaan. Namun perlu diperhatikan bahwa gejala ini tidak khas, karena gangguan pencernaan juga dapat terjadi akibat adanya benign prostatic hyperplasia dan kanker usus besar.

  1. Nyeri di bagian punggung bawah, panggul atau paha dalam bagian atas secara terus-menerus

Nyeri di bagian punggung bawah, panggul atau paha dalam bagian atas secara terus-menerus dan tanpa sebab yang jelas dapat menjadi tanda adanya gangguan pada prostat.

  1. Sering berkemih/kencing, terutama di malam hari

Segera periksa ke dokter jika sering terbangun di malam hari lebih dari sekali hanya untuk buang air kecil.

  1. Urin yang menetes atau tidak cukup kuat alirannya

Gejala ini mirip dengan inkontinensia urin, yakni kondisi seseorang tidak dapat mengontrol buang air kecil keluarnya tidak dapat ditahan hingga perlahan keluar dan menetes atau meskipun urin keluar namun tidak cukup kuat alirannya.

  1. Usia di atas 50 tahun serta mempunyai faktor risiko.

Karena kanker prostat seringkali tidak menunjukkan gejala hingga telah mencapai stadium lanjut, maka pria yang berusia 50 tahun atau lebih dan memiliki faktor risiko sebaiknya memeriksakan diri secara rutin. Faktor risiko ini termasuk terdapatnya anggota keluarga yang menderita kanker, terutama dalam hal ini adalah ayah, mengalami kegemukan atau obesitas, dan kebiasaan merokok.

614 Dilihat
publik
dokter
perusahaan
Top Brands 2016   Best Brand Gold

PT Prodia Utama

innodia Prodia th CRO Prodia accupational health institue ProSTEM ProLine