ARTIKEL KESEHATAN

Kamis, 23 November 2017

Panel Healthy Life

artikel arlt

Tidak merasakan sakit atau merasa diri sehat-sehat saja, menganggap usia masih muda, tidak ada waktu, biaya mahal, dan takut ketahuan penyakitnya, adalah alasan yang seringkali dikemukakan ketika enggan melakukan pemeriksaan kesehatan (check up). Padahal tidak sakit itu belum tentu sakit.

Jika kita tidak merasakan sakit, ada 2 (dua) kemungkinan yakni memang tidak ada penyakit atau dari sisi medis sebenarnya sudah ada penyakit namun belum muncul gejalanya. Gangguan kesehatan atau penyakit pada awal perkembangannya seringkali tidak menimbulkan gejala, dan baru muncul gejalanya ketika gangguan kesehatan atau penyakit tersebut sudah berada di tahap lanjut. Seperti sebuah mesin kendaraan yang harus selalu diperiksa performanya, di sinilah peran check up sebagai tindakan pencegahan.

Panel Healthy Life merupakan check up minimal lengkap yang dirancang untuk tujuan mengetahui status kesehatan secara berkala, serta secara lebih awal dapat mendeteksi penyakit yang sering terjadi di masyarakat dan mengetahui risiko terjadinya penyakit tersebut di kemudian hari. Beberapa penyakit dapat dideteksi secara lebih awal melalui Panel Healthy Life, terutama penyakit-penyakit yang termasuk dalam lifestyle disease (penyakit akibat gaya hidup tidak sehat seperti diabetes, kelainan lemak darah, penyakit hati dan penyakit ginjal). Ada pula penyakit yang tidak secara langsung terdeteksi, maka Panel Healthy Life menjadi langkah awal menuju ke arah diagnosis pasti dari penyakit yang diduga.

Panel Healthy Life

  1. Hematologi Lengkap

Manfaat : Mengetahui kondisi kesehatan secara umum mendeteksi kelainan sistemik (hati dan ginjal) yang dapat mempengaruhi bentuk dan fungsi sel darah mendeteksi penyakit darah dan infeksi.

  1. Urine Rutin

Manfaat : Mengetahui kelainan ginjal atau saluran kemih, penyakit metabolik atau sistemik.

  1. GOT, GPT, Fosfatase Alkali

Manfaat : Mengetahui fungsi hati.

  1. Glukosa Puasa

Manfaat : Membantu diagnosis diabetes melitus

  1. Kreatinin

Manfaat : Mengetahui fungsi ginjal.

  1. Asam Urat

Manfaat : Menilai risiko gangguan metabolisme berupa hiperurisemia.

  1. Cholesterol Total, Cholesterol HDL, Cholesterol LDL Direk, Trigliserida

Manfaat :Menilai profil lemak darah mendeteksi kelainan kadar lemak dalam darah (dislipidemia).

Bila hasil check up normal, agar semakin bugar dan produktivitas meningkat, maka:

  • pertahankan kondisi tersebut dengan pola makan sehat, latihan fisik secara teratur dan mengelola stres,
  • jadwalkan pemeriksaan ulang setiap 1-2 tahun sekali,
  • bila ada riwayat penyakit yang diturunkan dalam keluarga (seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, ginjal, dan hipertensi), lanjutkan dengan wellness testing agar mendapatkan gambaran yang lebih lengkap untuk membantu kita meraih hal yang lebih tinggi dari kesehatan, yakni wellness.

Bila hasil check up ditemukan kelainan dan diagnosis sudah ditegakkan, pengobatan dapat segera dilakukan dengan tepat untuk mengatasi kelainan tersebut. Kuncinya, segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang diperlukan dan lakukan gaya hidup sehat. Namun bila ditemukan kelainan tapi diagnosis belum dapat ditegakkan, maka perlu pemeriksaan pendukung untuk diagnosis yang lebih pasti.

584 Dilihat
publik
dokter
perusahaan
Top Brands 2016   Best Brand Gold

PT Prodia Utama

innodia Prodia th CRO Prodia accupational health institue ProSTEM ProLine