ARTIKEL KESEHATAN

Jumat, 14 Juli 2017

Sertifikasi Westgard Sigma Verification Program

artikel arlt

Six sigma adalah teknik manajemen yang banyak digunakan oleh bisnis dan industri di seluruh dunia untuk menilai kinerja, mengurangi kesalahan, dan lebih penting lagi untuk mengarahkan proses, produk dan layanan menuju kesempurnaan.

Sebuah laboratorium kesehatan perlu menentukan secara mandiri persyaratan mutu yang akan digunakan dan mengevaluasi kinerja laboratorium secara relatif terhadap sasaran mutu yang ingin dicapai.

Westgard Sigma Verification Program menggunakan teknik Six Sigma untuk memastikan hasil pemeriksaan berkualitas tinggi. Program ini memberi kesempatan kepada laboratorium untuk membuktikan bahwa laboratorium mencapai standard kelas dunia.

Program ini menggunakan pendekatan ilmiah di mana data-data kendali mutu diolah sehingga evaluasi kualitas untuk mencapai sasaran mutu maupun konsistensi kualitas pelayanan laboratorium dapat dilakukan secara terukur.

Laboratorium Prodia menjadi laboratorium pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mencapai verifikasi kinerja melalui Westgard Sigma Verification Program pada bulan Oktober 2016. Prodia juga menjadi institusi pertama di dunia di mana tiga laboratorium terverifikasi bersamaan dalam satu waktu.

Verifikasi telah dilakukan terhadap 3 cabang laboratorium yaitu Bandung, Bekasi, dan Semarang. Dengan harapan kedepannya semakin banyak cabang Prodia yang mengikuti Westgard SVP ini. Program ini mengevaluasi sedikitnya 20 jenis pemeriksaan rutin kimia klinik yang dilakukan oleh Prodia.

Dengan Westgard SVP ini, membuktikan bahwa Prodia secara konsisten memberikan hasil pemeriksaan yang terpercaya, yang dapat membantu dokter atau klinisi membuat diagnosa dan keputusan penanganan pasien dengan lebih percaya diri. Dengan hasil yang lebih presisi maka akan mengurangi perlunya pengulangan pemeriksaan dan juga waktu diagnosis dan tindakan ke pasien.

521 Dilihat
publik
dokter
perusahaan
Top Brands 2016 Frost & Sullivan Best Brand Gold

PT Prodia Utama

innodia Prodia th CRO Prodia accupational health institue ProSTEM ProLine