TIPS KESEHATAN

Jumat, 25 November 2016

Senjata untuk Melawan Komplikasi Diabetes

artikel arlt

Menurut Prof. Dr. Askandar Tjokroprawiro, SpPD-KEMD dalam bukunya "Hidup Sehat dan Bahagia Bersama Diabetes Mellitus" , ada 10 faktor penentu kualitas pembuluh darah, yang dinamakan sebagai SINDROMA-10 atau GULOH SISAR. Jika ke-10 faktor itu dapat dijaga dengan baik, sudah cukup untuk menjaga kualitas fisik seseorang. Sepuluh faktor yang dapat dipakai sebagai pedoman atau petunjuk hidup sehat atau sebagai senjata untuk memerangi komplikasi diabetes tersebut, adalah sebagai berikut:

GULOH

G (Gula). Batasi penggunaan gula dan makanan atau minuman manis. Usahakan A1C selalu lebih rendah dari 7%, Gula darah puasa dibawah 130 mg/dl, gula darah 2 jam paska makan dibawah 180 mg/dl.

U (Asam Urat). Batasi makan yang mengandung purin, karena dapat menimbulkan hiperurisemia yang efek sampingnya adalah timbulnya penggumpalan darah yang memacu timbulnya penyempitan pembuluh darah, yang juga dapat menyebabkan batu ginjal dan sakit sendi. Makanan yang dihindari adalah jeroan, alkohol, sarden, burung dara, unggas, kaldu, emping, tape, dll.

L (Lemak, lipid, antara lain kolesterol, trigliserida, kolesterol-HDL, dan kolesterol-LDL). Menurut Americans Diabetes Association (ADA), kadar lemak darah yang terjaga adalah: (1) Target utama, LDL-Kolesterol dibawah 100 mg/dl, (2) HDL-Kolesterol diatas 40 mg/dl (pria) dan diatas 50 mg/dl. Untuk mencapai ini hindari memakan makanan berlemak secara berlebihan, kurangi: telur, keju, kepiting, kerang, cumi, susu, dan santan. Termasuk mengurangi atau menghindari junk food. Upayakan untuk mengkonsumsi sayur dan buah-buahan setiap hari.

O (Obesitas, berat badan berlebihan). Cegah kegemukan, usahakan IMT dibawah 23, atau BBR dibawah 110%.

H (Hipertensi). Cegah konsumsi garam berlebihan karena garam dapat memicu tekanan darah tinggi. Tensi jangan sampai melebihi 140/90 mmHg.

SISAR

S (Sigaret, rokok). Matikan rokok Anda, atau Anda yang akan dimatikan oleh rokok. Stop merokok sekarang juga!

I (Inaktivitas, kurang olah raga). Lakukan olahraga teratur setiap hari untuk membakar kalori sekitar 330 kkal atau 2000 kkal/minggu. Paling tidak lakukan jalan kaki sejauh 3 km dalam sehari.

S (Stres). Cukup istirahat atau tidur 6 jam sehari agar dapat rileks. Lakukan relaksasi atau meditasi. Bagi umat Islam shalat yang khusuk sangat membantu untuk relaksasi.

A (Alkohol). Berhenti minum alkohol.

R (Reguler Check Up). Lakukan kontrol secara teratur. Hal ini juga berlaku untuk orang non diabetes terutama yang berumur kepala 4. Bagi penyandang diabetes check up sebaiknya dilakukan setiap 1 atau 2 dan 3 bulan, atau lebih intens lagi.

 

Sumber: Hidup Sehat dan Bahagia Bersama Diabetes Mellitus oleh Prof. Dr. Askandar Tjokroprawiro, SpPD-KEM.

1796 Dilihat
publik
dokter
perusahaan
Top Brands 2016 Frost & Sullivan Best Brand Gold

PT Prodia Utama

innodia Prodia th CRO Prodia accupational health institue ProSTEM ProLine