PROMOSI

Selasa, 31 Juli 2018

Program Deteksi Dini Kanker Serviks Prodia - BPJS Kesehatan 2018

Program Deteksi Dini Kanker Serviks Prodia - BPJS Kesehatan 2018

Di Indonesia, kanker serviks menjadi penyebab terbanyak kedua penyakit kanker pada wanita. Jumlah kasus baru kanker serviks serta kematian yang diakibatkannya terus meningkat setiap tahunnya.

Padahal, kanker serviks termasuk jenis kanker yang bisa dicegah dan disembuhkan dibandingkan dengan semua jenis kanker, asalkan diketahui sejak stadium awal.

Oleh sebab itu, pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI secara berkelanjutan mengembangkan program deteksi dini kanker serviks ke seluruh wilayah Indonesia.

Laboratorium Klinik Prodia bekerjasama dengan BPJS Kesehatan mengadakan kegiatan pemeriksaan Pap Smear tanpa dikenakan biaya bagi peserta "aktif" BPJS Kesehatan selama periode Agustus-Desember 2018 dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Kegiatan pemeriksaan Pap Smear tanpa dikenakan biaya ini hanya berlaku di beberapa cabang Laboratorium Klinik Prodia*) dengan periode pelaksanaan yang dapat berbeda dan akan ditutup bila jumlah kuota telah terpenuhi. Untuk itu, silahkan melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke cabang Laboratorium Klinik Prodia*) yang menyediakan program ini.
  2. Peserta adalah wanita pemegang kartu BPJS Kesehatan/Askes/JKN KIS/Kartu Indonesia Sehat dengan status kepesertaan "aktif" (tidak menunggak).
  3. Peserta harus membawa kartu BPJS Kesehatan/Askes/JKN KIS/Kartu Indonesia dan KTP (asli dan copy).
  4. Peserta belum pernah melakukan pemeriksaan Pap Smear dari BPJS atau sudah pernah melakukan pemeriksaan Pap Smear dari BPJS lebih dari 1 tahun (bila sudah ikut program Pap Smear BPJS dan belum lewat 1 tahun tidak dapat dilayani)
  5. Peserta memenuhi persiapan Pap Smear sesuai standar Laboratorium Klinik Prodia, yaitu:
  • Sudah menikah/pernah melakukan hubungan seksual
  • Tidak sedang hamil
  • Tidak sedang menstruasi (sebaiknya dilakukan pada hari ke-14 setelah hari pertama menstruasi)
  • Tidak menggunakan tampon, jeli, krim vagina maupun obat-obatan yang diberikan melalui vagina selama 2 hari (48 jam) sebelum pemeriksaan
  • Tidak melakukan pencucian vagina menggunakan cairan pembersih vagina selama 2 hari (48 jam) sebelum pemeriksaan
  • Tidak melakukan hubungan seksual selama 1 hari (24 jam) sebelum pemeriksaan
  • Mengisi formulir kesediaan pemeriksaan Pap Smear (formulir akan diberikan di lokasi pemeriksaan)

Untuk melihat daftar cabang Laboratorium Klinik Prodia yang melayani pemeriksaan Pap Smear tanpa dikenakan biaya kerjasama dengan BPJS Kesehatan 2018, klik di sini.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi cabang Prodia atau Kontak Prodia di 1500-830.

-------------

Apa itu Pap Smear?

Serviks atau leher rahim merupakan organ wanita yang paling rawan terkena penyakit. Yang paling berbahaya adalah infeksi dari virus yang bisa menyebabkan kanker serviks, yaitu HPV (human papillomavirus). Metode paling efektif untuk mencegah kanker serviks dengan deteksi dini menggunakan tes Pap Smear secara rutin.

Apa itu Kanker Serviks?

Kanker Leher Rahim (Serviks) adalah keganasan yang terjadi pada leher rahim (serviks) yang merupakan bagian terendah dari rahim yang menonjol ke puncak liang senggama (vagina). Penyebabnya belum diketahui secara pasti, tetapi 95% kasus ditemukan HPV (Human Pappiloma Virus) positif. Kanker Leher Rahim merupakan penyebab terbanyak dari semua jenis kanker.

Bagaimana Gejalanya?

Pada stadium dini biasanya belum timbul gejala. Kalaupun timbul, biasanya berupa keluar keputihan yang tidak khas. Pada tahap selanjutnya dapat ditemukan gejala seperti :

  • Perdarahan sesudah senggama
  • Keputihan/cairan encer berbau
  • Perdarahan di luar siklus haid
  • Perdarahan sesudah menopause
  • Nyeri daerah panggul

Apa faktor yang mendukung menjadi penyebabnya?

  • Wanita yang sudah melakukan hubungan seksual pada usia muda (< 17 tahun)
  • Sering berganti-ganti pasangan seksual dan berhubungan seksual dengan pria yang sering berganti-ganti pasangan seksual
  • Riwayat infeksi berulang di daerah kelamin
  • Wanita yang sering melahirkan
  • Wanita perokok memiliki risiko dua kali lebih besar dibandingkan wanita bukan perokok

Apa tujuan dari Pap Smear?

Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui adanya HPV ataupun sel karsinoma penyebab kanker leher rahim.