Senin, 24 September 2018

Apakah Keputihan Anda Normal?

Keputihan normal pada wanita dewasa terproduksi secara alamiah sebagai mekanisme tubuh menjaga agar vagina tetap terjaga kelembabannya, cukup kering dan bersih.

Keputihan merupakan salah satu keluhan wanita dewasa yang seringkali tidak tertangani dengan baik. Yang menjadi masalah adalah bagaimana membedakan mana keputihan yang normal, dan mana pula yang perlu pertolongan dokter.

Adapun yang dapat digolongkan menjadi keputihan normal adalah keputihan berupa lendir bening yang tidak berbau, yang biasanya terjadi pada waktu tertentu, biasanya tidak mengganggu dan jumlah cairannya pun sedikit.

Biasanya terjadi setiap bulan pada masa subur, satu dua hari sebelum dan sesudah haid atau pas tengah-tengah masa subur. Produksi berlebih juga bisa terjadi pada pengguna obat hormonal atau pil kontrasepsi, apabila ada aktivitas berlebihan dan atau ada stimulasi seksual sebelum hubungan suami istri.

Keputihan abnormal adalah berupa lendir dengan warna yang tidak lagi jernih atau putih, melainkan dapat putih kental berlebihan, atau berwarna kemerahan atau merah kecoklatan, hijau atau kekuningan. Seringkali juga disertai dengan sensasi gatal, perih, sakit, dan berbau.

Keputihan abnormal bisa terjadi setiap saat atau pada saat buang air kecil dan hal ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur atau parasit atau ada kelainan mulut rahim atau vagina lainnya. Bahkan bisa terjadi jika management perawatan vagina yang tidak tepat, misalnya penggunaan vaginal douche berlebihan atau antiseptik yang tidak tepat atau pakaian dalam yang terlalu membuat lembab.

Apabila keputihan abnormal berlangsung lama dan tidak tertangani dengan baik, maka bisa juga terjadi komplikasi perluasan infeksi ke organ reproduksi yang selanjutnya menimbulkan nyeri perut dan demam.

6203 Dilihat