Jumat, 17 November 2017

Waktu Selesai Hasil Pemeriksaan Cepat, Pelanggan Puas.

Komitmen Prodia kepada pelanggannya adalah memberikan hasil yang akurat, andal, dapat dipercaya, dan tepat waktu. Kecepatan hasil menjadi salah satu kebutuhan pelanggan, dan inilah yang juga menjadi prioritas bagi Prodia untuk memberikan hasil sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Untuk itu berbagai upaya Prodia lakukan dalam rangka mempercepat hasil selesai. Perbaikan demi perbaikan di setiap tahapan proses Prodia lakukan dalam rangka mempercepat hasil selesai.


Waktu selesai hasil pemeriksaan (WSHP) sangat bergantung dari jenis pemeriksaan yang dilakukan oleh pasien. Oleh karena itu ada hasil pemeriksaan yang dapat selesai hanya beberapa jam saja dan ada pula hasil pemeriksaan yang dapat diambil beberapa hari pasca pemeriksaan.

Proses WSHP di Prodia

  • Pasien datang ke Prodia untuk melakukan pemeriksaan laboratorium atau non laboratorium
  • Dilakukan identifikasi oleh petugas pelayanan terkait jenis pemeriksaan yang akan dilakukan, apakah dapat diambil sampel atau tidak.
  • Sampel diserahkan ke bagian distribusi sampel, kemudian dilakukan pengecekan identitas dan persyaratan kondisi sampel, selanjutnya dilakukan setrifugasi dan aliquoting.
  • Petugas laboratorium akan menyerahkan sampel ke bagian teknis untuk dikerjakan.
  • Setelah ada hasil maka dilakukan validasi bertingkat, mulai dari analis kemudian dilanjutkan oleh supervisor laboratorium.
  • Validasi akhir yang dilakukan oleh Quality Validator dan Dokter Penanggung Jawab.
  • Setelah validasi akhir, maka hasil dicetak dalam bentuk HPsL dan diserahkan kepada Bagian Pelayanan.

Waktu yang dibutuhkan

Untuk tes yang termasuk pemeriksaan rutin, seperti kimia klinik, hematologi dan urinalisa, hasilnya dapat diberikan dalam waktu yang cepat, sedangkan untuk pemeriksaan yang dikirimkan ke Prodia Reference Lab membutuhkan waktu yang lebih lama. Untuk pemeriksaan kimia klinik, waktu proses sejak sampel diterima di laboratorium sekitar 60-70 menit, sedangkan untuk hematologi rata-rata waktu proses 65-80 menit. Pemeriksaan urinalisa membutuhkan waktu pengerjaan rata-rata 60-75 menit. Dan untuk tes imunologi maka rata-rata waktu proses adalah 95-110 menit. Waktu proses di atas dihitung sejak sampel diterima laboratorium. Jika dihitungkan janji hasil sejak pasien datang ke Prodia sampai dengan hasil dapat diambil, adalah rata-rata 2,5 - 3 jam. Jika permintaan tes hanya kimia atau hematologi saja, maka waktu selesai yang dijanjikan kepada pasien dapat lebih cepat.

Seorang pasien yang dalam kondisi tertentu bisa saja meminta hasil pemeriksaannya dikeluarkan segera dengan menyampaikan kebutuhannya tersebut kepada petugas Prodia. Apabila memungkinkan, maka permintaan pelanggan itu akan dipenuhi.

Pencapaian Prodia dalam mempercepat hasil pemeriksaan sejak tahun 2012-2017, di mana setiap tahunnya waktu proses laboratorium menjadi semakin cepat. Pada tahun 2012, waktu mencapai 196 menit dan di tahun 2017, sampai dengan semester 1 pencapaian hasil menunjukkan 132 menit. Data tersebut menunjukkan perbaikan.

4750 Dilihat