Gaya Hidup Sehat

Senin, 01 Juli 2019

Nutrigenomik: Yang Perlu Diketahui Tentang Karakter Genetik Anda


Nutrigenomik: Yang Perlu Diketahui Tentang Karakter Genetik Anda

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2017, terjadi transisi penyakit, di mana semakin sedikitnya penyakit menular berbanding terbalik dengan penyakit tidak menular yang semakin meningkat dikarenakan ditemukannya vaksin dan antibiotik. Penyakit Tidak Menular (PTM) menjadi pemicu utama kematian terbesar di Indonesia.

Selengkapnya

Kamis, 02 Mei 2019

Hipertensi Penyebab Serangan Jantung yang Sering Terabaikan

Sebagian dari penderita hipertensi mengalaminya tanpa merasakan gejala yang mengganggu. Itulah sebabnya penyakit berbahaya ini disebut silent killer, karena proses hipertensi itu sendiri dapat mempengaruhi atau merusak seluruh organ tubuh.

Pada umumnya, penderita tidak tahu kalau ia menderita hipertensi karena tidak pernah periksa tekanan darahnya. Nilai normal tekanan darah seseorang dengan ukuran tinggi badan, berat badan, dan tingkat aktifitas normal adalah

Selengkapnya

Minggu, 07 April 2019

Ketahui Risiko Diabetes dan Penyakit Terkait Diabetes dengan DIArisk

Diabetes atau yang awam kenal sebagai penyakit gula atau kencing manis merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan mematikan di dunia. Salah satu penyebabnya adalah kontrol gula yang buruk. Menurut hasil penelitian dari International Diabetes Federation (IDF) tahun 2015, ada 415 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes, dan sekitar 10 jutanya terdapat di Indonesia. Jumlah penderita diabetes di Indonesia ini diperkirakan akan terus meningkat hingga tahun 2040.

&l

Selengkapnya

Jumat, 08 Maret 2019

7 Tips Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Ginjal adalah salah satu organ penting yang bekerja keras dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh dan kualitas darah, oleh karena itu kondisinya harus tetap terjaga. Ginjal akan menyaring darah dari zat-zat yang tidak berguna (racun atau toksin dan air berlebih) untuk kemudian dikeluarkan dalam bentuk urin. Selain itu, ginjal juga membantu mengontrol tekanan darah dan memproduksi hormon yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika ginjal mengalami gangguan, zat-zat yang tidak berguna akan menu

Selengkapnya

Kamis, 24 Januari 2019

Kenali Demam Dengue

Bulan Januari-Maret merupakan musim pancaroba dengan cuaca yang tidak menentu, di mana Anda harus waspada dengan demam dengue yang umum terjadi. Demam dengue disebabkan virus yang masuk ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes yang terinfeksi, terutama Aedes aegypti.

Ada 3 fase demam dengue yang biasa dialami ketika seseorang terjangkit virus dengue, yaitu:  

Fase Akut Selengkapnya