ARTIKEL KESEHATAN

Rabu, 02 Mei 2018

Mengenal Satuan Hasil Pemeriksaan yang Berstandar Internasional

artikel arlt

Nilai kritis adalah batasan nilai hasil pemeriksaan laboratorium, yang menunjukkan keadaan patologis di luar normal dan berpotensi membahayakan keselamatan jiwa bila tidak ditindaklanjuti dengan cepat. Sedangkan SI (Satuan Internasional) Unit, merupakan satuan hasil pemeriksaan yang berstandar internasional. SI Unit diperlukan jika pasien ingin melakukan tindakan medis lebih lanjut di luar negeri.

Di laboratorium Klinik Prodia, kedua hal tersebut mendapatkan perhatian tersendiri karena terkait langsung dengan kepentingan pasien. Sebagai laboratorium klinik yang mengedepankan hasil akurat dan pelayanan kepada pelanggan, maka Prodia memiliki panduan Nilai Kritis dan menyediakan hasil pemeriksaan menggunakan SI Unit bila pasien menggunakan surat pengantar dari dokter luar negeri atau meminta kepada petugas karena hasil laboratorium akan digunakan untuk konsultasi dengan dokter di luar negeri. Setelah melewati tahap QV (Quality Validation), jika petugas menemukan hasil pasien melewati batas Nilai Kritis maka petugas Prodia akan menghubungi dokter pengirim sehingga dokter dapat melakukan tindakan secepatnya untuk keselamatan pasien tersebut. Jika pasien tersebut periksa langsung atau atas permintaan dokter Customer Service Prodia, maka dokter Penanggung Jawab Lab. Prodia akan menghubungi pasien tersebut dan memberikan anjuran agar segera minta pertolongan dokter.

Bagaimana Penentuan Nilai Kritis dan SI Unit?

Di Laboratorium Klinik Prodia, penentuan nilai kritis dilakukan berdasarkan adopsi beberapa sumber literatur yang diakui dalam lingkup internasional, rekomendasi klinisi atau kesepakatan dari organisasi kesehatan baik nasional maupun internasional, juga studi internal dengan melakukan perbandingan antarlaboratorium. Sedangkan SI Unit selalu diperbaharui oleh Prodia dengan melihat literatur-literatur yang telah diakui dalam lingkup internasional.

Manfaat Nilai Kritis dan SI Unit

Dengan menerapkan pelaporan nilai kritis maka Prodia dapat memberikan nilai tambah kepada klinisi sehingga klinisi dapat menetapkan diagnosis dan tindakan yang perlu segera dilakukan sesuai dengan hasil laboratorium. Sedangkan SI Unit sangat bermanfaat dalam harmonisasi pemeriksaan antarlaboratorium, terutama dibutuhkan apabila pasien setelah melakukan pemeriksaan di Prodia akan melanjutkan konsultasi hasil dengan dokter. Selain itu juga bermanfaat dalam uji klinik obat.

Jika dilihat manfaat dari sisi pasien, Nilai Kritis dan SI Unit berkaitan langsung dengan penanganan lanjut pasien. Dengan mengetahui kondisi pasien jika berada dalam Nilai Kritis, maka dokter yang menangani pasien dapat langsung memberikan penanganan lanjutan dengan tepat, sehingga dapat mencegah kemungkinan terburuk yang dapat dialami pasien. SI Unit bermanfaat jika pasien akan melanjutkan pemeriksaan ke luar negeri. Hasil pemeriksaan yang diberikan Prodia dapat langsung digunakan oleh rumah sakit yang ada di luar negeri, karena selain hasil pemeriksaan dari laboratorium klinik Prodia yang telah berstandar dan diakui secara internasional, satuan dalam hasil pemeriksaan telah dikonversi dengan satuan internasional.

10067 Dilihat