Frequently Asked Question
Saya baru menggunakan Pesan Online Prodia, bagaimana cara mendaftar?

Berikut beberapa tahapan untuk melakukan registrasi akun online:

  1. Klik "DAFTAR BARU", kemudian pilih "PELANGGAN PRODIA" apabila Anda pernah melakukan pemeriksaan di cabang Prodia (masukkan Patient ID Anda dan tanggal lahir, maka data Anda akan muncul otomatis) atau pilih "PELANGGAN BARU" apabila Anda sama sekali belum pernah melakukan pemeriksaan di cabang Prodia.
  2. Lengkapi seluruh kolom pada form pendaftaran.
  3. Masukkan email dan password untuk akun Anda (satu email hanya untuk satu Patient ID). Pastikan alamat email yang Anda masukkan adalah email yang benar dan aktif.
  4. Anda akan mendapatkan email aktivasi setelah selesai melakukan registrasi (email aktivasi hanya berlaku selama 24 jam).
  5. Segera lakukan aktivasi akun pada email Anda dengan cara klik link pada email tersebut. Apabila Anda tidak berhasil melakukan aktivasi akun, silakan hubungi Kontak Prodia 1500-830.
  6. Akun Anda sudah siap digunakan. Akun ini dapat diakses juga untuk Hasil Online Anda.

Saya tidak mengetahui Patient ID milik saya?

Patient ID merupakan deretan angka unik sebagai identitas bahwa data diri Anda telah terdaftar di Prodia.

Untuk mengetahui Patient ID Anda, apabila Anda sudah pernah melakukan pemeriksaan di Prodia sebelumnya Anda dapat melihat Patient ID di Nota Pemeriksaan dan juga di lembar Hasil Pemeriksaan (dengan nama kolom No. ID atau ID Pasien).

Apakah akun Hasil Online saya dapat digunakan juga untuk mengakses Pesan Online Prodia?

Akun Hasil Online Anda dapat digunakan juga untuk membuka Pesan Online Prodia.

Apakah alamat email pada akun Pesan Online/Hasil Online saya dapat diganti?

Mohon maaf, saat ini hal tersebut belum dapat dilakukan secara mandiri. Namun apabila Anda ingin merubah alamat email atau username Anda, silakan mendatangi cabang Prodia terdekat.

Apakah saya bisa minta Prodia untuk membantu saya mengganti alamat email pada akun Pesan Online/Hasil Online saya?

Apabila Anda ingin merubah alamat email atau username Anda, silakan mendatangi cabang Prodia terdekat.

Saya lupa password saya, bagaimana cara untuk melakukan pengaturan ulang password?

Klik "Lupa Password" di bagian pojok kiri bawah pada layar Anda. Masukkan alamat email yang Anda daftarkan dan informasi lebih lanjut akan diemail kepada Anda.

Apabila Anda gagal melakukan "Lupa Password", silakan hubungi Kontak Prodia 1500-830.

Apabila ada anggota keluarga saya yang melakukan pesanan secara online, bisakah kami menggunakan satu akun Pesan Online yang sama?

Tidak bisa. Untuk melakukan pesanan setiap anggota harus memiliki akun yang berbeda. Hal ini berkaitan dengan setiap akun akan dikenali secara unik oleh kami untuk per masing-masing pelanggan dan yang akan mempengaruhi kriteria nilai normal pada hasil pemeriksaan Anda.

Menu "Edit Profile" pada Pesan Online tidak diperkenankan untuk merubah atau mengganti identitas Anda menjadi identitas lain. Menu "Edit Profile" hanya dapat digunakan untuk merubah data Anda yang dinamis seperti alamat dan nomor handphone.

Untuk mendaftarkan kerabat atau keluarga lain, silakan log out akun kemudian lakukan registrasi akun kembali.

Apakah ada jumlah minimal pemeriksaan untuk Pesan Online Prodia?

Tidak ada. Silakan memilih jenis pemeriksaan yang Anda inginkan.

Metode pembayaran apa saja yang dapat dilakukan untuk Pesan Online Prodia?

Saat ini pembayaran Pesan Online Prodia dapat menggunakan ATM transfer (menggunakan virtual account , dengan bank penampungan adalah Bank Permata) dan Kartu Kredit. Untuk ke depan, akan dikembangkan pembayaran dengan Klikpay BCA, Voucher Prodia, dan Point Reward.

Apakah seluruh jenis kartu kredit dapat digunakan untuk melakukan pembayaran Pesan Online?

Kartu kredit yang dapat digunakan merupakan yang termasuk klasifikasi berdasarkan system secure transaksi 3D Secure. Silakan klik link di bawah ini untuk mengetahui daftar kartu kredit yang dapat digunakan untuk pembayaran Pesan Online.

https://www.bankbinlist.com
https://www.freebinchecker.com/indonesia-bin-list

Bagaimana cara melakukan pembayaran dengan ATM transfer?

Berikut informasi transaksi Pesan Online dengan ATM transfer.

Lakukan pembayaran dengan menu transfer ke:

Bank Permata: kode bank 013

Virtual Account (16 digit): tertera pada halaman bukti pemesanan Anda.

1. Contoh pembayaran menggunakan ATM transfer ke Bank Permata:

     - Pilih menu transfer

     - Kode bank + kode virtual account (16 digit)

2. Contoh pembayaran menggunakan mobile transfer:

    - Pilih menu transfer

    - Pilih Bank Permata

   - Masukkan nomor rekening tujuan: nomor virtual account (16 digit)

Catatan: pembayaran bukan melalui menu virtual account melainkan ke menu transfer ATM BERSAMA.

Bagaimana cara untuk memulai pemesanan?

Setelah melakukan "Log in", klik "Pemesanan Saya" pada kolom sebelah kiri layar Anda. Kemudian klik "Mulai Registrasi Pemeriksaan" dan ikuti terus langkah berikutnya.

Bagaimana apabila saya tidak mempunyai dokter pengirim?

Pada Pesan Online Prodia terdapat layanan Live Chat Dokter. Silakan klik "Tidak Punya Dokter Pengirim" untuk dapat melakukan konsultasi dengan Dokter Online Prodia mengenai jenis pemeriksaan yang akan dilakukan.

Mengapa saya tidak bisa terhubung dengan Live Chat Dokter?

Layanan Live Chat Dokter tersedia pada pukul 08.00 s/d 16.00 WIB. Silakan melakukan live chat pada jam layanan tersebut.

Apa fungsi menu Pesan Ulang?

Pada halaman tersebut akan tertera history pemesanan yang pernah Anda lakukan dan Anda dapat melakukan pemesanan ulang  yang sama dengan yang pernah Anda pesan sebelumnya tanpa harus menginput jenis pemeriksaan yang Anda inginkan.

Apakah saya bisa bebas menentukan tanggal dan waktu pemeriksaan?

Anda bebas untuk menentukan tanggal dan waktu pemeriksaan. Untuk melihat jam layanan cabang-cabang kami, Anda dapat melihat informasi tersebut di website kami di sini dan kemudian pilih cabang yang dimaksud.

Bagaimana apabila saya terlambat melakukan transfer pembayaran Pesan Online?

Setelah melakukan pemesanan online, Anda diberikan waktu selama 3 jam untuk melakukan pembayaran. Apabila Anda melebihi batas waktu yang ditentukan, maka secara sistem pemesanan Anda otomatis akan terhapus. Silakan untuk melakukan Pesan Ulang.

Bagaimana saya mengetahui bahwa Prodia telah menerima pesanan saya?

Anda akan mendapatkan notifikasi pada email Anda bahwa Anda telah berhasil melakukan pemesanan dan pembayaran.

Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak menerima email konfirmasi setelah saya selesai memesan?

Mohon periksa folder "Spam" atau "Junk" pada email Anda. Apabila belum diterima, mohon untuk menghubungi Kontak Prodia 1500-830.

Bagaimana jika saya telah selesai memesan dan saya mau mengubah/menambah pemeriksaan?

Jika Anda belum melakukan tahapan pembayaran, maka Anda dapat mengubah atau menambah pemeriksaan. Namun jika Anda sudah melakukan tahapan pembayaran, maka Anda tidak dapat mengubah jenis pemeriksaan yang sudah dipesan. Anda harus melakukan proses pendaftaran dari awal kembali untuk memilih jenis pemeriksaan yang diinginkan.

Apakah saya dapat membatalkan pesanan saya setelah melakukan pembayaran?

Anda tidak dapat membatalkan pesanan setelah proses pembayaran dilakukan.

 

Bagaimana apabila saya sudah melakukan pemesanan dan pembayaran namun saya tidak datang untuk melakukan pemeriksaan pada tanggal yang telah saya pilih?

Anda dapat melakukan pemeriksaan di cabang Prodia yang telah Anda pilih sampai dengan 30 (tiga puluh) hari dari tanggal Anda melakukan transaksi atau pembayaran di Pesan Online. Apabila Anda datang melebihi dari batas waktu yang telah ditentukan, maka pemeriksaan dianggap batal tanpa pengembalian biaya.

Apakah perbedaan status Received dan Paid pada Pesan Online?

Status Received artinya bahwa Anda telah berhasil melakukan pemesanan pada Pesan Online namun belum melakukan pembayaran (kode booking belum tersedia). Apabila Anda tidak melakukan pembayaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan maka status akan berubah menjadi Cancelled.

Sedangkan status Paid artinya bahwa Anda telah berhasil melakukan pembayaran dan akan muncul kode booking.

Bagaimana saya mengetahui bahwa proses pembayaran yang telah dilakukan di Pesan Online berhasil?

Apabila Anda sudah berhasil melakukan pembayaran maka status pemesanan Anda berubah menjadi Paid dan Anda akan mendapatkan bukti pembayaran pada email Anda yang berisi Kode Booking.

Atau Anda dapat melihat pada halaman Bukti Pemesanan, pada kolom Kode Booking telah terisi kode yang dimaksud.

Bagaimana apabila saya sudah melakukan pemesanan dan pembayaran di Pesan Online namun saya tidak mendapatkan Kode Booking?

Mohon lakukan pengecekan berkala pada halaman Bukti Pemesanan dan email Anda. Namun apabila Anda sudah berhasil melakukan pembayaran namun tidak mendapatkan kode booking, silakan hubungi Kontak Prodia 1500-830.

Apa yang dimaksud dengan Patient ID?

Patient ID merupakan deretan angka unik sebagai identitas bahwa data diri Anda sudah terdaftar di Prodia, dan Anda wajib mengetahui Patient ID Anda. Patient ID bersifat rahasia, sama halnya dengan riwayat hasil pemeriksaan Anda.

Siapa yang berhak mendapatkan Patient ID?

Setiap pelanggan yang melakukan pemeriksaan di Prodia dan/atau sudah melakukan registrasi akun e-Prodia (Pesan Online dan Hasil Online Prodia) akan memiliki Patient ID. Satu Patient ID hanya diperuntukkan bagi satu pelanggan Prodia.

Apa yang harus dilakukan bila Anda memiliki lebih dari satu Patient ID?

Berikut beberapa hal yang dapat disampaikan, antara lain:

  • Infokan kepada petugas kami di cabang Prodia terdekat
  • Anda harus memilih salah satu Patient ID
  • Disarankan untuk memilih Patient ID yang memiliki riwayat pemeriksaan terbanyak
  • Riwayat hasil pemeriksaan pada Patient ID yang tidak Anda pilih tidak dapat diakses melalui akun Hasil Online Prodia
  • Setiap melakukan registrasi di Prodia, informasikan Patient ID yang Anda pilih kepada petugas Prodia agar seluruh riwayat pemeriksaan Anda terekam pada satu Patient ID atau satu akun e-Prodia (Pesan Online dan Hasil Online Prodia)

Dimana saya dapat mengetahui Patient ID?

Anda dapat mengetahui Patient ID milik Anda melalui:

  1. Nota Pemeriksaan - Patient ID berada di sisi kiri atas dengan nama kolom “No. ID”. Jangan sampai tertukar dengan No. Lab!
  2. Lembar Hasil Pemeriksaan - Patient ID berada di sisi kiri atas dengan nama kolom “ID Pasien”.
  3. Datang ke cabang Prodia terdekat - Anda juga dapat langsung datang ke cabang Prodia terdekat untuk mengetahui Patient ID Anda.

Apa manfaat Patient ID?

Patient ID yang Anda miliki dapat digunakan untuk melakukan registrasi online e-Prodia (Pesan Online dan Hasil Online Prodia).

Apa manfaat registrasi online e-Prodia menggunakan Patient ID?

Beberapa manfaatnya antara lain:

  1. Registrasi Pesan Online dan Hasil Online dapat dilakukan dengan lebih cepat
  2. Kemudahan akses Hasil Pemeriksaan 2 (dua) tahun terakhir di Hasil Online Prodia
  3. Kemudahan melihat riwayat transaksi dan melakukan pesan ulang pada Pesan Online Prodia
  4. Mempercepat proses registrasi di cabang Prodia

Apabila pada saat melakukan pemesanan online saya memilih cabang A, apakah saya dapat datang ke cabang B?

Mohon maaf tidak bisa. Silakan untuk melakukan pemeriksaan pada cabang yang Anda pilih saat melakukan Pesan Online.

Apakah Pesan Online Prodia bisa diakses selain daripada website, misalnya melalui mobile application?

Anda juga bisa mengakses Pesan Online Prodia melalui mobile application via Android dan iOS dengan cara mendownload Prodia Mobile pada Google Play atau App Store.

Bagaimana cara untuk dapat mengakses Hasil Online saya?

Untuk mengakses Hasil Online, Anda dapat menggunakan username dan password yang sama dengan Pesan Online Prodia.

Apabila saya sudah terlebih dahulu memiliki akun Hasil Online, apakah saya dapat langsung mengakses Pesan Online Prodia?

Ya, bisa. Kami membuat sistem agar satu akun Prodia yang Anda miliki tersebut dapat mengakses berbagai fasilitas layanan online kami untuk memberikan kemudahan kepada Anda pelanggan setia Prodia.

Bagaimana apabila saat mengakses Hasil Online tidak terdapat hasil pemeriksaan saya?

Pastikan Anda sudah menerima SMS Notifikasi hasil selesai pada nomor handphone yang Anda daftarkan kepada kami.

Namun, apabila sudah mendapatkan SMS Notifikasi namun tetap tidak terdapat hasil pemeriksaan online Anda silahkan untuk menghubungi Kontak Prodia 1500-830.

Apakah Hasil Online Prodia bisa diakses selain daripada website, misalnya melalui mobile application?

Anda juga bisa mengakes Hasil Online Prodia melalui Mobile Application via Android dan IOS dengan cara mendownload aplikasi Prodia Mobile pada Google Play atau App Store.

Mengapa ada kata "Belum selesai" pada Hasil Online saya?

Kata "Belum selesai" yang terlihat pada hasil adalah karena hasil untuk pemeriksaan tersebut masih belum selesai dikerjakan di Prodia.

Apa maksud kata "Terlampir" pada hasil? Bagaimana saya mendapatkannya lewat Hasil Online?

Hasil dituliskan "Terlampir" apabila hasil pemeriksaan berupa lembaran terpisah atau berbentuk format yang belum memungkinkan dimasukkan ke sistem. Lampiran bisa didapatkan dari website hasil di bagian bawah hasil pemeriksaan Anda. Bila lampiran yang dimaksud tidak tersedia di bagian tersebut, silakan hubungi cabang tempat Anda melakukan pemeriksaan atau hubungi Kontak Prodia 1500-830.

Mengapa hasil pemeriksaan saya tidak terlihat di Hasil Online?

Kemungkinannya adalah seluruh hasil pemeriksaan Anda memang belum selesai dikerjakan. Bila hasil pemeriksaan Anda masih belum didapatkan di website sampai dengan waktu janji hasil yang tercantum di Nota Pemeriksaan, silakan hubungi cabang tempat Anda melakukan pemeriksaan.

Apakah saya bisa konsultasi dengan dokter via Hasil Online?

Untuk saat ini fitur untuk konsultasi dengan dokter via website hasil online ini masih belum tersedia.

Namun untuk melakukan konsultasi dokter hasil pemeriksaan Anda, Anda dapat datang ke cabang Prodia terdekat atau Anda dapat melakukan konsultasi dokter online di TANIA dengan cara add akun @prodia.id pada Line, Telegram dan Facebook Messenger.

Berapa lama hasil pemeriksaan saya tersimpan di Hasil Online?

Kami menjamin hasil pemeriksaan Anda akan tersimpan selama 2 tahun terakhir. Hasil dari pemeriksaan yang sudah lewat dari 2 tahun akan kami hapus dari website. Untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang sudah lebih lama dari 2 tahun, silakan hubungi cabang tempat Anda melakukan pemeriksaan.

Mengapa alamat saya yang tercantum di Hasil Online berbeda dengan alamat saya sekarang?

Alamat Anda yang tercantum di website Hasil Online merupakan alamat Anda yang terdata di Prodia. Untuk memperbarui data Anda, silakan hubungi cabang kami.