PANEL PEMERIKSAAN

Panel Baby Sitter 1

Manfaat Pemeriksaan:

Baby sitter, pengasuh atau asisten rumah tangga (ART) otomatis sering berinteraksi dengan anak, mulai dari bermain, memandikan, mengganti pakaian, menyuapi makanan, bahkan tidur bersama. Interaksi dan kontak fisik antara baby sitter/ART dan si kecil berpeluang menularkan penyakit kepada anak, jika kesehatan baby sitter/ART tidak dalam kondisi prima.

Jenis Pemeriksaan

Hematologi Rutin (CBC)

Deskripsi:

Hematologi rutin atau complete blood count (CBC) merupakan penilaian dasar terhadap komponen sel darah, yaitu dengan menentukan jumlah, variasi, prosentase, konsentrasi, dan kualitas dari seluruh komponen sel darah. Pemeriksaan ini dapat memberikan informasi mengenai kondisi hematologik dan sistem tubuh yang lain sebagai diagnosis, prognosis, respon terapi, dan masa pemulihan. Hematologi rutin terdiri dari pemeriksaan hemoglobin, leukosit, trombosit, eritrosit, hematokrit, dan nilai-nilai MC.

Manfaat Pemeriksaan:

Evaluasi anemia, leukemia, reaksi inflamasi dan infeksi, penanda peripheral blood cellular, tingkat hidrasi dan dehidrasi, polisitemia, penyakit hemolitik pada bayi baru lahir; penentuan terapi kemoterapi.

Persyaratan & Jenis Sampel : Darah
Stabilitas Sampel :
  • <4 jam pada 18 – 25°C
  • 24 jam pada 2 – 8°C
Persiapan Pasien : -
Hari Kerja :
Metode : Semua Method
Nilai Rujukan : Hemoglobin: -
Leukosit: -
Trombosit: -
Eritrosit: -
Hematokrit: -
MCV: -
MCH: -
MCHC: -
Red Cell Distribution Width (RDW): -
Tempat Rujukan :
Catatan :

Rontgen Thorax

Deskripsi:

Rontgen thorax (rontgen dada) merupakan salah satu pemeriksaan pencitraan menggunakan sinar-X yang sering dilakukan untuk menunjang diagnosis. Rontgen thorax digunakan untuk mendiagnosis banyak kondisi yang melibatkan dinding thorax/dada, tulang dada, dan struktur yang berada di dalam rongga dada termasuk paru-paru, jantung, dan lainnya.

Manfaat Pemeriksaan:

Membantu diagnosis kelainan jantung bawaan, gagal jantung, dan masalah jantung lainnya, infeksi (umumnya tuberkulosis atau TB paru), pneumonia, penyakit paru obstruktif kronik (emfisema, bronkhitis), embolisme pada paru (adanya sumbatan pada pembuluh darah di paru-paru), tumor atau kanker paru; skrining penyakit paru terkait dengan pekerjaan di industri-industri seperti pertambangan di mana para pekerja terpapar oleh debu atau zat kimia yang dapat berpengaruh pada kondisi dada.

Persyaratan & Jenis Sampel :

-

Stabilitas Sampel :

-

Persiapan Pasien :

- Mengenakan pakaian khusus yang disediakan dan menanggalkan perhiasan di seputar dada.
- Menginformasikan ke petugas radiologi bila dalam 3 bulan terakhir pernah melakukan rontgen atau bagi wanita, informasikan kepada petugas radiologi bila ada kemungkinan atau sedang hamil.
 

Hari Kerja :
Metode :

-

Nilai Rujukan :

-

Tempat Rujukan :
Catatan :