PANEL PEMERIKSAAN

Panel Penanda Tumor Hati

Manfaat Pemeriksaan:

Mendeteksi dan membantu diagnosis karsinoma hepatoseluler (kanker yang berasal dari sel-sel hati), memperkirakan prognosis dan mendeteksi dini kekambuhan karsinoma hepatoseluler, serta mengevaluasi respon pengobatan karsinoma hepatoseluler.

Jenis Pemeriksaan

CEA

Deskripsi:

Pemeriksaan CEA mengukur konsentrasi carcinoembryonic antigen (CEA) dalam darah. CEA merupakan protein yang biasanya ditemukan dalam jaringan tertentu dari bayi yang sedang berkembang di dalam rahim (janin). Pada saat bayi lahir, konsentrasi CEA akan menjadi sangat rendah. Pada orang dewasa, CEA biasanya ditemukan pada konsentrasi yang sangat rendah dalam darah, namun dapat meningkat dengan terjadinya jenis kanker tertentu sehingga dapat digunakan sebagai penanda tumor. Pemeriksaan CEA membutuhkan sampel darah yang diambil dari pembuluh darah vena di lengan.

Manfaat Pemeriksaan:

Penanda untuk berbagai jenis kanker dikombinasikan dengan penanda tumor yang lain; memantau pengobatan kanker, termasuk respon terhadap pengobatan dan kekambuhan; sebagai indikator dari jumlah atau ukuran kanker, dan menentukan prognosis serta stadium kanker; menentukan metastasis kanker.

Persyaratan & Jenis Sampel :

Serum atau plasma

Stabilitas Sampel :
  • 2 - 8 °C : 7 hari
  • (-20) °C / lebih dingin : 6 bulan
Persiapan Pasien :

Informasikan kepada petugas laboratorium jika Anda perokok aktif.

Hari Kerja :
Metode :

ECLIA

Nilai Rujukan :

-

Tempat Rujukan :
Catatan :

AFP

Deskripsi:

Alpha-fetoprotein (AFP) adalah glikoprotein yang diproduksi terutama oleh hati pada awal kehidupan janin. AFP juga diproduksi dengan adanya tumor tertentu, termasuk kanker hati, hepatoblastoma, dan nonseminomatous germ cell tumors pada ovarium dan testis (misalnya yolk sac dan karsinoma embrional. Pemeriksaan AFP mengukur konsentrasi AFP dalam darah yang dapat digunakan sebagai penanda tumor dengan menggunakan sampel darah yang diambil dari pembuluh darah vena di lengan.

Manfaat Pemeriksaan:

Membantu diagnosis dan memantau terapi kanker tertentu di hati, testis, atau ovarium.

Persyaratan & Jenis Sampel :

Serum

Stabilitas Sampel :
  • 2 - 8° C       : 48 jam
  • ≤ - 20° C     : > 48 jam
Persiapan Pasien :

Tidak terdapat persiapan pemeriksaan yang dibutuhkan.

Hari Kerja :
Metode :

Chemiluminescent

Nilai Rujukan :

-

Tempat Rujukan :
Catatan :