PANEL PEMERIKSAAN

Panel Uji Saring Neonatus

Manfaat Pemeriksaan:

Mendeteksi kemungkinan adanya kelainan hipotiroid kongenital dan defisiensi G6PD agar dapat diberikan pengobatan sedini mungkin supaya bayi dapat tumbuh dan berkembang normal.

Jenis Pemeriksaan

G6PD Neonatus

Deskripsi:

- Persiapan pasien : Tidak untuk bayi yang menerima tranfusi darah - Persyaratan spesimen : Lihat pedoman pengambilan sampel spesimen dengan skin puncture (PN-OPR-PST-SKINP)

Sampel diperoleh dari tumit bayi / infan berumur 72-120 jam (kit insert), 2-30 hari (FPK Pemasaran Pusat Bandung). Bila ada bayi dengan umur lebih dari 30 hari maka bagian pelayanan harap menghubungi dokter pengirim (dikhawatirkan ada dokter yang belum mengetahui informasi mengenai umur bayi untuk pemeriksaan ini.) Bila dokter pengirim tetap mengirim pemeriksaan tersebut, maka harus diberi catatan umur bayi yang sesungguhnya dan catatan ini dicantumkan dalam HPsL.

Manfaat Pemeriksaan:

-

Persyaratan & Jenis Sampel : Darah
Stabilitas Sampel :
  • 2 – 8° C (dikertas saring) selama 14 hari
  • Simpan dalam suhu beku dengan desikan selama 2 tahun
Persiapan Pasien : -
Hari Kerja :
Metode : EIA
Nilai Rujukan : -
Tempat Rujukan :
Catatan :

TSH Neonatus

Deskripsi:

Pemeriksaan TSHs merupakan pemeriksaan menggunakan sampel darah yang diambil dari tumit bayi berumur 72-120 jam untuk mengukur konsentrasi thyroid-stimulating hormone (TSH) dalam darah.

Thyroid-stimulating hormone (TSH) adalah hormon yang berfungsi merangsang kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon thyroxine (T4) dan triiodothyronine (T3). Fungsi TSH dipengaruhi oleh thyrotropin releasing hormone (TRH) yang dihasilkan oleh hipotalamus untuk mempertahankan konsentrasi yang stabil dari hormon tiroid dalam darah.

Manfaat Pemeriksaan:

Sebagai uji saring gangguan tiroid pada bayi baru lahir.

Persyaratan & Jenis Sampel :

Whole Blood

Stabilitas Sampel :

Sampel kering dalam kertas saring pada suhu 2 – 8°C selama 14 hari

Persiapan Pasien :

- Tidak diperuntukkan bagi bayi lahir prematur dan yang menerima transfusi darah.
- Informasikan umur bayi kepada petugas laboratorium.

Hari Kerja :
Metode :

ELISA

Nilai Rujukan :

-

Tempat Rujukan :
Catatan :