PEMERIKSAAN LABORATORIUM

Pilih pemeriksaan berdasakan alfabet

Anti Mullerian Hormone (AMH)

Deskripsi:

Anti Mullerian Hormone (AMH) merupakan hormon yang diproduksi oleh jaringan reproduksi, termasuk testis pada pria dan ovarium pada wanita. Peran AMH dan kadar AMH dalam darah bervariasi bergantung pada jenis kelamin dan usia.

Pemeriksaan AMH mengukur kadar AMH dalam darah yang dibutuhkan oleh dokter untuk mengevaluasi kesuburan wanita, memprediksi onset menopause, atau adanya dugaan polycystic ovarian syndrome (PCOS); sebelum tindakan assisted reproductive procedures; secara berkala pada wanita yang sedang menjalani pengobatan kanker ovarium; dan pada bayi laki-laki yang diduga tidak memiliki testis atau testis tidak berfungsi dengan baik.

Pemeriksaan AMH membutuhkan sampel berupa darah yang diambil dari pembuluh darah vena di lengan, sedangkan darah diambil melalui heelstick pada bayi.

Manfaat Pemeriksaan:

Mengevaluasi fungsi ovarium dan kesuburan wanita, kondisi polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau efektivitas pengobatan kanker ovarium; mengevaluasi fungsi testis pada bayi laki-laki dan/atau keberadaan alat kelamin yang tidak memiliki kejelasan antara laki-laki atau perempuan (ambigu alat kelamin).

Persyaratan & Jenis Sampel :

Serum

Stabilitas Sampel :
  • 2 – 8°C : 48 jam
  • -20°C : >48 jam
Persiapan Pasien :

Tidak terdapat persiapan pemeriksaan yang dibutuhkan.

Hari Kerja :
Metode :

ELISA

Nilai Rujukan :

<= 8,9 ng/mL

Tempat Rujukan :
Catatan :