Internal Audit

Internal Audit diangkat dan bertanggung jawab kepada Direktur Utama. Berdasarkan Peraturan OJK Nomor 56/POJK.04/2015 tentang Pembentukan dan Pedoman Penyusunan Piagam Unit Audit Internal, secara garis besar tugas dan tanggung jawab Internal Audit adalah sebagai berikut:

  1. Menyusun dan melaksanakan rencana Audit Internal tahunan
  2. Menguji dan mengevaluasi pelaksanaan pengendalian internal dan sistem manajemen risiko sesuai dengan kebijakan perusahaan
  3. Melakukan pemeriksaan dan penilaian atas efisiensi dan efektivitas di bidang keuangan, akuntansi, operasional, sumber daya manusia, pemasaran, teknologi informasi, dan kegiatan lainnya
  4. Memberikan saran perbaikan dan informasi yang objektif tentang kegiatan yang diperiksa pada semua tingkat manajemen
  5. Membuat laporan hasil audit dan menyampaikan laporan tersebut kepada direktur utama dan Dewan Komisaris
  6. Memantau, menganalisis dan melaporkan pelaksanaan tindak lanjut perbaikan yang telah disarankan
  7. Bekerja sama dengan Komite Audit
  8. Menyusun program untuk mengevaluasi mutu kegiatan audit internal yang dilakukannya
  9. Melakukan pemeriksaan khusus apabila diperlukan.

Uraian mengenai struktur, tugas dan tanggung jawab, wewenang, kode etik, persyaratan serta pertanggungjawaban Internal Audit telah dinyatakan secara lengkap dalam Piagam Audit Internal. Piagam Internal Audit ini dapat ditinjau kembali dan disesuaikan berdasarkan ketentuan dan peraturan yang berlaku.  

Berdasarkan Surat Perseroan Nomor 168 /SKPJ/HRODA/lll/16 tanggal 12 Agustus 2016, Perseroan telah menunjuk dan mengangkat Budi Darmawan sebagai Kepala Internal Audit Perseroan. Beliau adalah lulusan Akuntansi dari Universitas Indonesia dan memiliki Piagam Akuntan Register Negara. Beliau juga telah meraih Chartered Accountant (CA) yang diterbitkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Internal Audit