EKG

EKG atau elektrokardiografi adalah pencatatan grafik variasi-variasi potensial listrik yang disebabkan oleh aktivitas listrik otot jantung dan terdeteksi pada permukaan tubuh. Prinsip kerja EKG  adalah merekam signal elektrik yang berkaitan dengan aktivitas jantung dan menghasilkan grafik rekaman tegangan listrik terhadap waktu.

EKG adalah suatu metode untuk mempelajari kerja otot jantung sehingga dapat membantu diagnosis abnormalitas jantung dan kecenderungan atau perubahan fungsi jantung.

Electrocardiograph adalah alat untuk melakukan elektrokardiografi sedangkan electrocardiogram adalah kertas yang mencatat grafik variasi-variasi potensial listrik yang disebabkan oleh eksitasi otot jantung dan terdeteksi pada permukaan tubuh.

 

Elektrokardiogram yang normal menunjukkan defleksi/pembelokkan yang dihasilkan dari aktivitas atrial dan ventricular sebagai perubahan kecenderungan tegangan/voltage dan polaritas (positif dan negatif) terhadap waktu. Defleksi pertama  atau P wave adalah hasil eksitasi atria; Defleksi kompleks QRS adalah hasil eksitasi (depolarisasi) ventrikel dan T wave sebagai hasil recovery ventrikel (repolarisasi)

 

 

Faktor-faktor  kritis yang mempengaruhi pemeriksaan EKG :

  1. Penempatan elektroda yang tidak benar atau elektroda yang tidak menempel sempurna di kulit dapat mempengaruhi keakuratan rekaman EKG.
  2. Suhu di area pemeriksaan harus dipertahankan pada suhu 20-25oC dan kelembabannya harus rendah.
  3. Pemeriksaan EKG harus jauh dari peralatan yang menyebabkan bising seperti ultrasonic, X-ray, handphone atau alat elektronik lainnya.
  4. Pasien harus dalam kondisi tenang, tidak bergerak atau berbicara selama pemeriksaan. Kaki dan lengan pasien dipastikan tidak kontak dengan bahan metal.
  5. Data usia dan jenis kelamin pasien harus  benar karena beberapa jenis alat EKG menginterpretasi hasil berdasarkan usia dan jenis kelamin.
  6. Tidak menggunakan barang yang mengandung logam seperti jam, handphone, kunci dll
  7. Pasien tidak diperkenankan berolah raga sebelum pemeriksaan
Prev Next Page:

UBT (Urea Breath Test)

UBT (Urea Breath Test) Merupakan pemeriksaan non invasive gold standard untuk deteksi infeksi Helicobacter pylori....

Selengkapnya

AUDIOMETRI

AUDIOMETRI

Audiometri adalah pemeriksaan yang bertujuan untuk mengetahui tingkat/ambang batas pendengaran seseorang dan jenis...

Selengkapnya

SPIROMETRI

SPIROMETRI

SPIROMETRI Spirometri adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengukur secara obyektif kapasitas/fungsi paru (ventilasi) pada pasien dengan...

Selengkapnya

RADIOLOGI / FOTO THORAX

RADIOLOGI / FOTO THORAX

RADIOLOGI / FOTO THORAX Foto thorax atau sering disebut chest x-ray (CXR) adalah suatu proyeksi...

Selengkapnya

TREADMILL

TREADMILL   Treadmill adalah perekaman EKG yang terus berlangsung tanpa henti. Kegunaannya adalah untuk menilai kondisi jantung...

Selengkapnya

EKG

EKG EKG atau elektrokardiografi adalah pencatatan grafik variasi-variasi potensial listrik yang disebabkan oleh aktivitas listrik...

Selengkapnya

USG

USG

USG USG atau ultrasonografi adalah suatu teknik diagnostik pencitraan yang menggunakan ultrasonik yaitu gelombang suara dengan...

Selengkapnya
Fasilitas Khusus

Info Kesehatan Info untuk Dokter Produk Layanan Tentang Prodia Stay Connect