Monday, 11 May 2020

Dukung Upaya Pemerintah dalam Penyediaan Tes Laboratorium untuk COVID-19, Prodia Lakukan Pemeriksaan SARS-CoV-2 RNA (PCR COVID-19)

JAKARTA, 11 Mei 2020 –  Memenuhi kebutuhan tes laboratorium COVID-19 yang semakin meningkat, dan setelah melakukan persiapan dan perijinan, PT Prodia Widyahusada Tbk (Kode saham: PRDA) siap menyediakan pemeriksaan SARS-CoV-2 RNA dengan metode real-time RT-PCR (PCR COVID-19) yang mendeteksi 3 (tiga) target gen sekaligus yaitu Gen E, N, dan RdRP sesuai dengan protokol yang ditetapkan World Health Organization (WHO). Pemeriksaan PCR COVID-19 ini merupakan pemeriksaan utama untuk skrining dan sekaligus menegakkan diagnosis seorang pasien terkonfirmasi positif infeksi SARS-CoV-2. Pemeriksaan PCR COVID-19 ini mulai dapat dilakukan di Laboratorium Pusat Rujukan Nasional Prodia (Prodia National Referral Laboratory/PNRL) sejak tanggal 11 Mei 2020. Permintaan pemeriksaan PCR Covid-19 ini dapat dilakukan di seluruh cabang Prodia dalam bentuk rujukan sampel swab nasofaring dan orofaring dari Rumah Sakit/Klinik dan layanan kesehatan lain.

Direktur Utama Prodia, Dewi Muliaty, mengatakan bahwa, “Kami berupaya untuk terus berkontribusi mendukung pemerintah dalam menangani COVID-19 di Indonesia melalui penyediaan pemeriksaan PCR COVID-19 yang sesuai dengan protokol WHO. Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan yang langsung mendeteksi keberadaan virus melalui materi genetiknya sehingga hasilnya lebih akurat. Dengan adanya pemeriksaan PCR COVID-19 dari Prodia, kami berharap dapat membantu rumah sakit, klinik dan fasilitas layanan kesehatan lainnya dalam menangani pasien suspek COVID-19,” jelas Dewi di Prodia Tower, Jakarta (11/5).

Metode PCR COVID-19 merupakan metode yang digunakan dalam biologi molekuler yang secara cepat menghasilkan jutaan hingga miliaran salinan sampel DNA tertentu, sehingga memungkinkan para ilmuwan mengambil sampel DNA yang sangat sedikit dan menguatkannya ke jumlah yang cukup besar untuk dideteksi dan dipelajari lebih lanjut. Pemeriksaan SARS-CoV-2 RNA dengan metode real-time RT-PCR (PCR COVID-19) yang mendeteksi 3 (tiga) target gen sekaligus yaitu Gen E, N, dan RdRP dapat secara pasti mengkonfirmasi apakah seseorang positif Covid-19.

Product Manager Prodia, Trilis Yulianti, menambahkan bahwa, “Perbedaan antara rapid test dan metode PCR untuk pemeriksaaan COVID-19 adalah materi yang di deteksi dan sampel yang digunakan. Pemeriksaan rapid test mendeteksi antibodi IgM dan IgG dari SARS-CoV-2 menggunakan sampel darah. Sedangkan, pemeriksaan SARS-CoV-2 RNA (PCR) menggunakan sampel swab nasofaring dan orofaring pasien yangsecara langsung mendeteksi virusnya. Kami menerima sampel rujukan dari rumah sakit dan fasilitas layanan kesehatan lainnya. Pengambilan sampel swab ini dilakukan oleh tenaga kesehatan rumah sakit yang telah memiliki kompetensi keahlian dalam pengambilan sampel swab,” jelas Trilis.

Prodia menyediakan dua jenis pemeriksaan terkait COVID-19 yakni pemeriksaan serologi cepat (rapid test antibodi) anti SARS-CoV-2 IgM/IgG, dan pemeriksaan SARS-CoV-2 real-time RT-PCR. Bagi pasien yang berminat melakukan rapid test antibodi, dapat mengunjungi cabang Prodia tertentu atau menghubungi Kontak Prodia di 1500-830 terlebih dahulu untuk informasi lebih lanjut.

Untuk pemeriksaan PCR COVID-19, Prodia tidak melakukan pengambilan sampel swab di klinik Prodia, namun menerima sampel swab rujukan dari rumah sakit, klinik atau fasilitas layanan kesehatan lainnya yang kemudian dilakukan pemeriksaannya di Laboratorium Pusat Rujukan Nasional Prodia.

“Tim Riset dan Pengembangan Prodia telah melakukan evaluasi menyeluruh dan persiapan yang cukup komprehensif untuk melaksanakan pemeriksaan terkait COVID-19 ini. Keselamatan dan kesehatan pelanggan dan tenaga kesehatan Prodia benar-benar menjadi prioritas utama kami saat ini. Kami telah melengkapi tenaga kesehatan Prodia dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai dengan standar yang berlaku dan menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat di lingkungan operasional Prodia di seluruh Indonesia,” tambah Dewi.

Sebelumnya, Prodia telah berkontribusi dalam menangani COVID-19 ini dengan berbagai cara diantaranya bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk memberikan layanan pemeriksaan medical check-up bagi tenaga kesehatan dan relawan rumah sakit khusus COVID-19 di Wisma Atlet untuk 1.000 orang, yang dilakukan secara bertahap mulai dari tanggal 26 dan 30 Maret 2020. Prodia juga telah mendistribusikan buah-buahan dan suplemen vitamin bagi tenaga kesehatan di beberapa rumah sakit di wilayah Jakarta dan wilayah Indonesia lainnya sesuai cabang Prodia berada, memfasilitasi webinar nasional bagi Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan Indonesia (PATELKI) untuk sosialisasi informasi terupdate bagi Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) seluruh Indonesia pada tanggal 4 April 2020, dan memberikan donasi 1.000 rapid test kepada beberapa rumah sakit di bulan April 2020.

******

Tentang PT Prodia Widyahusada Tbk

Laboratorium klinik Prodia didirikan pertama kali di Solo pada 7 Mei 1973 oleh beberapa orang idealis berlatar belakang pendidikan farmasi. Sejak awal, Dr. Andi Widjaja, MBA beserta seluruh pendiri lainnya tetap menjaga komitmen untuk mempersembahkan hasil pemeriksaan terbaik dengan layanan sepenuh hati.

Sebagai pemimpin pasar, sejak 2012 Prodia merupakan satu-satunya laboratorium dan klinik di Indonesia dengan akreditasi College of American Pathologists (CAP). Sehingga kualitas hasil tes dari laboratorium Prodia sejajar dengan laboratorium internasional.

Pada 7 Desember 2016, Bursa Efek Indonesia (BEI) meresmikan pencatatan saham perdana Prodia sebagai emiten ke-15 di tahun 2016, dengan kode saham “PRDA”. Dalam aksi korporasi itu, Prodia telah menawarkan saham perdana sebanyak 187,5 juta lembar saham. Dengan demikian, dana yang diraih dari penawaran umum perdana saham (IPO) perseroan mencapai sebesar Rp 1,219 triliun.

Hingga saat ini, Prodia telah mengoperasikan jejaring layanan sebanyak 288 outlet, di 34 provinsi dan 127 kota di seluruh Indonesia, beberapa diantaranya merupakan Prodia Health Care (PHC) yakni layanan wellness clinic yang berbasis personalized medicine serta specialty clinics yang terdiri dari Prodia Children’s Health Centre (PCHC), Prodia Women’s Health Centre (PWHC) dan Prodia Senior Health Centre (PSHC).    

 

Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi www.prodia.co.id atau menghubungi:

Marina Eka Amalia   

Legal Head & Corporate Secretary

PT Prodia Widyahusada Tbk. 

Ph.       +62-21-3144182 ext 3816

Email     corporate.secretary@prodia.co.id                                    

 

439 Views