Selasa, 17 Juli 2018

5 Tahap Perkembangan Kondisi Demensia

Demensia (dementia), yang sering disebut juga dengan senile adalah penurunan fungsi intelektual akibat penyakit di otak yang ditandai dengan terganggunya minimal tiga dari lima fungsi kortikal luhur, yaitu bahasa, memori, visuospasial (pengenalan ruang dan tempat), kemampuan eksekutif dan emosional, sehingga penderitanya tidak mampu mengikuti aktivitas sosial dan mengurus dirinya sendiri.

Pada dasarnya, demensia disebabkan oleh kerusakan sel saraf pusat di otak (sebagian atau seluruhnya), sehingga terjadi kondisi ketidakmampuan tubuh memproduksi neurotransmitter, zat kimia yang diperlukan untuk pengiriman sel syaraf. Banyak faktor penyebab terjadinya kerusakan sel saraf tersebut, tapi yang paling utama (demensia primer), adalah karena penyakit alzheimer, penurunan kemampuan regenerasi sel akibat proses penuaan yang berlangsung secara perlahan-lahan sesuai dengan perkembangan penyakit tersebut.

Demensia primer ini sering terjadi pada mereka yang berusia 65 tahun ke atas. Namun, demensia pun dapat terjadi di usia muda karena penyakit pembuluh darah (stroke) dan infeksi atau cedera otak, yang membuat matinya sel saraf otak. Biasanya, pemicunya adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, minum alkohol dan pola makan tidak sehat serta adanya penyakit-penyakit penyerta, seperti diabetes, dan penyakit darah tinggi" .

Kasus demensia progresif yang terdiagnosis menentukan tingkat keparahannya, dokter mengacu pada teori 5 tahap perkembangan kondisi demensia, yaitu:

  • Tahap 1

Kemampuan fungsi otak penderita masih dalam tahap normal

  • Tahap 2

Penderita mulai mengalami penurunan kemampuan fungsi otak, tetapi masih mampu hidup secara mandiri

  • Tahap 3

Penderita mulai sedikit kesulitas melakukan aktivitas sehari-hari, namun masih dalam intensitas ringan.

  • Tahap 4

Penderita mulai memerlukan bantuan orang lain untuk melakukan aktivitas sehari-harinya.

  • Tahap 5

Kemampuan fungsi otak penderita menurun drastis dan tidak mampu hidup secara mandiri.

6630 Dilihat