Kamis, 15 Juni 2017

Cegah Penuaan Dini dengan Pemeriksaan Telomere

Siapa yang tak ingin hidup awet muda? Walaupun bertambah tua atau menjadi tua itu adalah pasti, namun untuk sehat itu adalah pilihan. Ada beberapa film fiksi yang tayang di TV memperlihatkan kondisi yang selalu terlihat awet mua. Maka bagaimana kita dapat memcapai healthy aging atau suatu penuaan yang optimal seperti itu, tentunya dengan sejak dini menghindari risiko penyakit yang dapat dihindari. Kini untuk mencapai hal itu sangatlah mudah, dan didunia nyata dapat kita lakukan dengan sejak dini mengetahui panjang dari Telomere kita.

Apa sih sebenarnya Telomere itu? Telomere merupakan struktur DNA-protein pada ujung kromosom yang terdiri dari susunan DNA berulang (tandem repeat). Pada semua manusia, penuaan merupakan hasil dari penurunan jumlah ataupun fungsi dari sel. Setiap kali sel bereplikasi, telomere mengalami pemendekan sampai akhirnya mencapai satu titik tertentu dimana sel-sel tersebut tidak dapat bereplikasi dengan baik. Nah, telomere ini berperan sebagai tutup pada ujung kromosom yang berfungsi menjaga kromosom dari kerusakan dan memainkan peranan penting yang sangat signifikan pada proses penuaan.

Panjang telomere pun memiliki dampak pada kondisi kesehatan seseorang. Telomere yang pendek menunjukkan adanya hubungan dengan peningkatan risiko diabetes mellitus tipe 2 karena reduksi telomere mengakibatkan peningkatan resistensi insulin pada tubuh seseorang. Selain itu, telomere yang pendek juga memungkinkan risiko dislipidemia (peningkatan kolesterol total, LDL, dan trigliserida serta penurunan HDL) sehingga meningkatkan risiko mengalami hipertensi essensial dan berkembangnya coronary artery disease. Bahkan telomere yang pendek dapat mengakibatkan kematian akibat kanker, penurunan densitas mineral pada tulang, dan berasosiasi dengan dimensia pada seseorang.

Oleh karena itu, pemeriksaan telomere sangat lah penting karena dengan mengetahui panjang telomere seseorang dapat efektifitas usia, deteksi dini penyakit kronis, pengelompokkan risiko penyakit, pemantauan efektifitas program perubahan gaya hidup sampai efektifitas pengobatan aging.

Segera periksakan panjang telomere Anda dengan pemeriksaan Telomere Analysis di laboratorium klinik di sekitar Anda. Dengan pemeriksaan Telomere Analysis ini, maka panjang telomere pada setiap sel seseorang dapat diukur hanya dengan menggunakan sampel darah.***

--------------------------------------------------------oOo---------------------------------------------------

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Reskia Dwi Lestari

Marketing Communication Manager

Laboratorium Klinik Prodia

Telp. (021) 3144182, ext 767

Hp. 081 1810 920

Email. reskia.dwi@prodia.co.id

marcomm@prodia.co.id

2196 Dilihat