Jumat, 25 Mei 2018

Lakukan Persiapan ini Sebelum Medical Check Up

Untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang optimal, yang perlu dilakukan seseorang yang akan melakukan medical check up, adalah: (1) memenuhi persyaratan sesuai jenis pemeriksaan yang dilakukan, (2) persiapan puasa 10-12 jam bila diperlukan, (3) memberikan data pribadi yang sebenarnya bila dibutuhkan termasuk obat-obatan yang sudah dikonsumsi dan riwayat penyakit keluarga, (4) dianjurkan dilakukan pada pagi hari saat tubuh masih belum banyak melakukan aktifitas.

Selain itu, bagi pasien yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan, dr. Almaycano Gintings, M.Kes, Asisten Ahli Fakultas Kedokteran Departemen Biokimia Universitas Sumatera Utara, menganjurkan untuk melakukan hal berikut:

  1. Sebaiknya beristirahat yang cukup sebelum melakukan pemeriksaan,
  2. Tidak mengkonsumsi jenis makanan tertentu secara berlebihan yang dikhawatirkan akan membuat hasil pemeriksaan menjadi tidak akurat,
  3. Mengikuti ketentuan puasa (10-12 jam) dengan memperhitungkan secara tepat lama puasa sejak dari makan terakhir hingga saat pemeriksaan,
  4. Hindari merokok dan minuman beralkohol.

"Sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan, hendaknya memastikan terlebih dahulu apakah ia termasuk dalam kelompok berisiko untuk terserang penyakit tertentu, sehingga memerlukan medical check up tertentu. Dalam hal ini, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dahulu sebelum pemeriksaan, sehingga hasil pemeriksaan lebih efisien dan bermanfaat", kata dr. Almaycano mengingatkan.

6803 Dilihat