Rabu, 26 Juli 2017

LC-MS/MS Memberikan Hasil Pemeriksaan Lab yang Lebih Cepat dan Lebih Akurat

Untuk mendapatkan hasil pemeriksaan laboratorium klinis yang lebih memuaskan pelanggan, para peneliti berlomba mendapatkan metode analitik terbaru yang lebih canggih lagi. Karena itu, Prodia menggunakan LC-MS/MS yang selain bermanfaat bagi pelanggan, juga bagi dokter yang sedang melakukan penelitian. Berbagi aplikasi dan senyawa target yang menjadi biomarker dapat dikuantifikasi dengan sensitivitas dan spesifisitas yang tinggi. Berbagai jenis sampel dapat dimanfaatkan sebagai sumber senyawa target.

Pemeriksaan yang dikerjakan dengan LC-MS/MS hanya memerlukan jumlah sampel yang sedikit walaupun jenis pemeriksaannya banyak, sehingga sampel yang diambil dari pasien dapat diminimalisasi, terutama untuk pemeriksaan bayi dan anak-anak. Pemeriksaan yang mulanya harus dikirim ke luar negeri, sekarang menjadi dapat diperiksa di Prodia dengan waktu yang lebih cepat.

Metode analitik terbaru

LC-MS/MS adalah salah satu metode analitik yang menggabungkan kemampuan separasi atau pemisahan yang dimiliki oleh kromatografi cair (liquid chromatography/LC) terhadap suatu senyawa target dari campuran yang kompleks (seperti sampel darah manusia) dengan kemampuan spektroskopi massa (mass spectroscopy/MS) yang dapat membaca spektrum massa dari senyawa target yang telah dipisahkan. Sifat senyawa dapat dianalisis mulai dari senyawa polar hingga non-polar dan memiliki massa 50 hingga 2000 g/mol.

LC-MS/MS sangat berguna dalam pengembangan berbagai pemeriksaan baru yang memerlukan sensitivitas dan spesifisitas yang tinggi serta menganalisis lebih dari satu senyawa target dalam sampel dengan volume sampel yang sedikit dan dalam waktu yang bersamaan (multiplex analysis). LC-MS/MS memiliki kemampuan dapat mendeteksi analit target walaupun dalam jumlah yang sangat kecil di dalam darah, dengan batas deteksi yang diperoleh mencapai level pikomolar.

Proses kerja LC-MS/MS

Secara sederhana, dapat dikatakan bahwa proses kerja pada LC-MS/MS didahului dengan preparasi sampel untuk membersihkannya dari pengotor. Kemudian sampel tersebut diinjeksikan ke dalam sistem kromatografi sehingga senyawa target yang ada di dalamnya dapat terpisah berdasarkan polaritasnya. Pemisahan dalam kromatografi akan membentuk antrian senyawa untuk masuk ke dalam sistem Spektroskopi Massa (MS). Senyawa tersebut satu persatu akan dibaca spektrum massanya oleh MS1.

Kemudian senyawa yang telah terbaca tersebut akan ditumbuk oleh gas nitrogen sehingga akan menjadi fragmen yang spesifik dan dibaca oleh MS2. Transisi massa di MS1 dan MS2 untuk setiap senyawa memiliki pola yang berbeda tergantung pada struktur kimia senyawa tersebut.

Di Indonesia saat ini, selain Prodia belum ada laboratorium klinik swasta lain yang memiliki LC-MS/MS. Namun, laboratorium layanan untuk analisis lingkungan dan pangan sudah umum menggunakannya. Afiliasi Prodia dalam pengembangan sistem LC-MS/MS ini adalah lab klinik dan rumah sakit di luar negeri yang telah menggunakannya terlebih dahulu.

2166 Dilihat