Jumat, 21 Agustus 2015

Metode Pemeriksaan Penentu Hasil Akurat

Keakuratan hasil merupakan hal utama yang diberikan Laboratorium Klinik Prodia kepada para pelanggan, untuk itulah Prodia selalu mengusahakan yang terbaik dalam pengerjaan sampel, khususnya pemilihan metode pemeriksaan. Berikut metode-metode pemeriksaan yang digunakan Laboratorium Klinik Prodia untuk mendapatkan hasil yang akurat.

1. Pemeriksaan Kimia, menggunakan metode Enzimatik, Kolorimetri, Immunoturbidimetri.

2. Pemeriksaan Immunologi, menggunakan metode Enzyme Linked Immunoassay (ELISA), Chemiluminescence Immunoassay, Fluorescent Assay, Nephelometry, Lateral Flow Immunochromatographic Assays (rapid test), Agglutination, Immuno Fluorescent (mikroskopik).

3. Pemeriksaan Hematologi, menggunakan metode Flow Cytometry.

4. Pemeriksaan Sedimen Urin, menggunakan Flow Cytometry dan Mikroskopik.

5. Pemeriksaan Papsmear, menggunakan metode Liquid Based Cytology.

6. Pemeriksaan Mikrobiologi, menggunakan metode Kultur Resistensi

7. Diagnostik Molekuler, menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR), Hybrid Capture, PCR-RFLP (Restriction Fragment Length Polymorphism), Real Time PCR, Hybridization, Induced Coupled Plasma Mass Spectrometry (ICPMS), High Performance Liquid Chromatography (HPLC).

Umumnya setiap jenis pemeriksaan memang menggunakan metode yang berbeda. Namun, terdapat beberapa metode pemeriksaan yang digunakan untuk lebih dari satu jenis Pemeriksaan.

Di samping itu, terdapat beberapa pemeriksaan yang menggunakan metode khusus atau dengan kata lain pemeriksaan tersebut tidak dapat menggunakan metode umum. Pemeriksaan tersebut, yakni pemeriksaan trace element (logam) menggunakan metode ICP MS, pemeriksaan HbA1c menggunakan metode HPLC, pemeriksaan HPV DNA dengan metode Hybrid Capture, pemeriksaan HCV Genotyping dengan Line Probe Hybridization, dan pemeriksaan Anti Nuclear Antibody menggunakan metode Imuno Fluorecsent (mikroskopik).

Meski demikian, metode-metode yang digunakan akan berkembang seiring dengan perkembangan teknologi, sehingga penggantian metode akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

Dari sekian banyak metode yang digunakan, Laboratorium Klinik Prodia memiliki satu metode pemeriksaan yang menjadi unggulan. Metode ini menjadi unggulan karena hanya Laboratorium Klinik Prodia dipercaya untuk menggunakannya. Metode tersebut adalah ICP MS. Metode pemeriksaan ini digunakan dalam diagnostic molekuler. Sebagai laboratorium klinik yang sangat menjunjung keakuratan hasil, untuk itulah Laboratorium Klinik Prodia akan selalu berinovasi dan mengembangkan segala aspek yang berpengaruh kepada hasil, khususnya metode pemeriksaan. Karena yang terbaik hanya untuk Anda.

 

10502 Dilihat