Selasa, 11 Juli 2017

Hydrocephalus; Akibat Infeksi dalam Kandungan

Hydrochepalus / hidrosefalus adalah pengumpulan cairan di rongga kepala karena adanya sumbatan saluran yang menyebabkan cairan tidak bisa mengalir. Semakin lama, cairan semakin banyak, sehingga ukuran kepala semakin besar.

Cairan otak itu seharusnya mengalir mengitari seluruh sistem susunan saraf pusat bersamaan dengan cairan darah. Jika hidrosefalus tidak segera diatasi, maka cairan tersebut akan mendesak kulit kepala pelindung otak sehingga semakin tipis dan kepala terus membesar. Jika sudah seperti ini akan sulit mengembalikan ke kondisi normal.

Hidrosefalus merupakan cacat bawaan lahir dengan ciri kepala membesar melebihi ukuran bayi normal dan dahi menjorok ke luar akibat infeksi atau tumor. Ukuran lingkar kepala bayi meningkat dengan tidak normal, kulit kepalanya licin, tegang dan pembuluh darah di kulit kepala tampak lebih jelas. Kedua matanya nampak dominan bagian putihnya, sedangkan warna hitamnya berada di bawah seperti matahari yang sedang tenggelam.

Apa Penyebabnya?

Hidrosefalus ini bisa bawaan karena faktor genetika dari generasi ke generasi, infeksi atau tumor. Namun, yang cukup banyak adalah karena infeksi toksoplasma, kuman yang biasa terdapat pada bulu kucing. Beberapa infeksi yang dapat menyebabkan masalah selama kehamilan antara lain:

  1. Toxoplasmosis

Yang disebabkan infeksi Toxoplasma gondii, parasit yang umum ditemukan pada kotoran atau bulu kucing yang terinfeksi, daging mentah atau sayuran.

  1. Cytomegalovirus

Yang menginfeksi saat kehamilan, dapat ditanyakan risikonya pada dokter yang merawat kehamilan.

  1. Lymphoctic Choriomeningitis Virus

Dari hewan pengerat (tikus,hamster).

  1. Virus yang menyebabkan cacar air atau gondong

Dapat dicegah dengan vaksinasi.

Apakah bisa dicegah?

Penyakit ini mudah dicegah dengan mengobati infeksinya terlebih dahulu sebelum menular ke janin. Secara umum pencegahan dari infeksi tokso tersebut yang dapat dilakukan, adalah:

- Periksa kehamilan secara rutin. Pemeriksaan USG secara rutin bisa diketahui perkembangan kepala janin yang normal.

- Cegah infeksi selama hamil. Infeksi parasit kucing (Toxoplasma gondii) selama kehamilan dapat menyebabkan hidrosefalus pada bayi yang akan dilahirkan, ditularkan ibu hamil yang bergaul dengan kucing peliharaan yang terinfeksi parasit itu kepada janinnya melalui plasenta.

- Vaksinasi anak dan lindungi anak dari cedera kepala.

9259 views