FORUM DIAGNOSTICUM

Forum Diagnosticum No.01/2013

Pemeriksaan Penyakit Infeksi Pada Anak

Pemeriksaan untuk diagnosis yang lebih spesifik dan sensitif diperlukan untuk mengurangi morbiditas dan mortalitas penyakit infeksi. Pemeriksaan TST dan IGRA sebaiknya digunakan sebagai alat untuk mendiagnosis infeksi M. tuberculosis, dan dapat digunakan untuk tujuan surveillance atau mengidentifikasi orang-orang yang tampaknya mendapatkan manfaat dari pengobatan, termasuk orang-orang dengan atau akan memiliki risiko yang meningkat untuk infeksi TB atau progresi ke arah TB aktif jika terinfeksi.

Pemeriksaan Helicobacter pylori stool antigen (HpSA) merupakan pemeriksaan non-invasif dan dapat menjadi pilihan untuk membantu diagnosis, pemantauan terapi dan konfirmasi eradikasi, terutama pada anak-anak.

Isolasi Salmonella typhi adalah metode gold standard untuk diagnosis pasti demam tifoid, namun membutuhkan waktu yang cukup lama dan sensitivitasnya dipengaruhi oleh banyak faktor. Pemeriksaan Anti-Salmonella typhi IgM mendeteksi antibodi O9 LPS IgM untuk diagnosis infeksi akut maupun reinfeksi dengan cepat dan mudah, juga memiliki sensitivitas dan spesifisitas yang jauh lebih baik dibandingkan Widal yang saat ini masih banyak digunakan di Indonesia.

Rontgen thorax merupakan pemeriksaan radiografi yang paling sering dilakukan pada anak-anak, terutama dalam menunjang diagnosis penyakit infeksi pada anak.

 

Penulis : Tatat Novianti, Elva Nasution, Lia Meliani, Intan Wibawanti (PT. Prodia Widyahusada)

 

Details >>
Page 1
Page sub

2015 Dilihat

FORUM DIAGNOSTICUM