Senin, 17 Februari 2020

Implementasi Total Laboratory Automation Prodia Mendapat Penghargaan

JAKARTA, 12 FEBRUARI 2020 – PT Prodia Widyahusada Tbk menerima Indonesia Digital Innovation Award 2020 sebagai Innovative Company For Total Lab Automation Implementation dalam kategori Healthcare & Pharmacy. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Fadel Muhammad selaku Founder Warta Ekonomi dan diterima oleh Lies Gantini selaku AVP Clinics & Referral Lab Services (RLS) PT Prodia Widyahusada Tbk di Thamrin Nine Ballroom, UOB Plaza, Jakarta.

Indonesia Digital Innovation Award 2020: Embracing Culture through Collaboration diselenggarakan oleh Warta Ekonomi sebagai bentuk apresiasi kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia yang mampu menghasilkan inovasi terbaik dalam hal produk dan layanan berbasis digital. Metode yang digunakan dalam menentukan pemenang adalah desk research, yang dilakukan dengan mengumpulkan data-data melalui publikasi perusahaan ataupun berita-berita terbaru berisikan informasi terkait yang dibutuhkan.

Inovasi yang dilakukan Prodia dalam hal ini adalah penggunaan sistem Total Laboratory Automation (TLA). Secara garis besar, Total Laboratory Automation terdiri dari sistem track atau ban berjalan (conveyer belt) yang bergerak secara kontinu sejak sampel diterima hingga masuk ke alat/instrumen secara terintegrasi. Sistem ini salah satunya bertujuan untuk mempercepat waktu selesai hasil pemeriksaan atau Turn Around Time (TAT), menurunkan kesalahan dari proses manual dan meningkatkan efisiensi proses melalui penggunaan sistem automasi dan sistem perangkat antara (middleware) yang mutakhir.

Sejak mengimplementasikan Total Laboratory Automation (TLA), Prodia telah mengalami peningkatan kinerja yang terukur, seperti penghapusan sembilan tahap manual yang secara langsung memberikan dampak signifikan terhadap kualitas proses pengerjaan. Peningkatan sebesar 108% pada jumlah tes yang dianalisis, peningkatan sebesar 43% pada jenis tes yang dianalisis dan pengurangan 9% Turn Around Time (TAT) pada tahun 2019 dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018.

Terkait inovasi layanan, saat ini Prodia telah memiliki layanan Kontak Prodia 1500-830 dan personal assistant virtual berbasis online Tanya Prodia (TANIA). TANIA dapat diakses oleh siapapun khususnya pelanggan Prodia secara langsung kapanpun dan dimanapun secara online di antaranya melalui LINE: @prodia.id, Telegram: @prodia.id, Facebook Messenger: @prodia.id, dan Website Prodia: www.prodia.co.id.

Tentang PT Prodia Widyahusada Tbk

Laboratorium klinik Prodia didirikan pertama kali di Solo pada 7 Mei 1973 oleh beberapa orang idealis berlatar belakang pendidikan farmasi. Sejak awal, Bapak Andi Widjaja beserta seluruh pendiri lainnya tetap menjaga komitmen untuk mempersembahkan hasil pemeriksaan terbaik dengan layanan sepenuh hati.

Sebagai pemimpin pasar, sejak 2012 Prodia merupakan satu-satunya laboratorium dan klinik di Indonesia dengan akreditasi College of American Pathologists (CAP), sehingga kualitas hasil tes dari laboratorium Prodia sejajar dengan laboratorium internasional.

Pada 7 Desember 2016, Bursa Efek Indonesia (BEI) meresmikan pencatatan saham perdana Prodia sebagai emiten ke-15 di tahun 2016, dengan kode saham “PRDA”. Dalam aksi korporasi itu, Prodia telah menawarkan saham perdana sebanyak 187,5 juta lembar saham. Dengan demikian, dana yang diraih dari penawaran umum perdana saham (IPO) perseroan mencapai sebesar Rp1,22 triliun.

Hingga saat ini, Prodia telah mengoperasikan jejaring layanan sebanyak 287 outlet, di 34 provinsi dan 126 kota di seluruh Indonesia, beberapa diantaranya merupakan Prodia Health Care (PHC) yakni layanan wellness clinic yang berbasis personalized medicine serta specialty clinics yang terdiri dari Prodia Children’s Health Centre (PCHC), Prodia Women’s Health Centre (PWHC) dan Prodia Senior Health Centre (PSHC).

Sejalan dengan aspirasi Prodia untuk membangun kapabilitas di bidang solusi kesehatan personal melalui teknologi generasi terbaru, Prodia terus berinovasi dengan mengembangkan tes-tes pemeriksaan esoterik yaitu pemeriksaan khusus untuk menganalisis penyakit tertentu dengan menggunakan peralatan yang canggih dan metode modern serta membutuhkan personel khusus untuk menjalankan tes dan analisanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat. Agility to Create Values menjadi kekuatan Prodia dalam mengukuhkan posisinya sebagai Next Generation Healthcare Provider dengan jejaring layanan terbesar di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

Reskia Dwi Lestari
Marketing Communications Manager
PT Prodia Widyahusada Tbk.
Ph. +62-21 3144182 ext 3768
E-mail marcomm@prodia.co.id

641 Dilihat