Rabu, 17 Juni 2015

Menuju Laboratorium Berorientasi Patient Safety

Patient safety atau keselamatan pasien dide? nisikan sebagai upaya pencegahan terjadinya bahaya pada pasien atau pencegahan terjadinya luka atau kecelakaan yang disebabkan oleh tindakan medis. Atau dalam bahasa yang lebih sederhana, patient safety adalah pencegahan error/ kesalahan dan kejadian merugikan bagi pasien terkait layanan kesehatan.

Patient safety dan kualitas layanan merupakan faktor yang sangat penting dari setiap layanan kesehatan. Patient safety menjadi ‘poros’ dari setiap tindakan diagnosa, penanganan dan perawatan di rumah sakit, termasuk di laboratorium klinik, dan tempat layanan kesehatan lainnya.

Patient safety menjadi tanggung jawab dokter, perawat, analis kesehatan dan semua orang yang bekerja dalam bidang layanan kesehatan, yang sudah berkomitmen untuk merawat, menolong, menjaga dan menghadirkan kenyamanan bagi pasien. Pasien akan memperoleh manfaat terbesar dari penyedia layanan kesehatan yang mengutamakan patient safety, yakni mendapatkan layanan kesehatan terbaik, terhindar dari penderitaan dan cedera yang tidak perlu, berkurangnya biaya yang harus dibayarkan, dan perbaikan akses kesehatan. Petugas kesehatan pun diuntungkan karena memiliki lingkungan dan budaya kerja yang lebih sehat. Sedangkan manajemen akan memperoleh bene?t operasional yang lebih e? sien dan meningkatnya kinerja keuangan.

Kesalahan atau ‘error’ merupakan salah satu hal yang dapat mengancam keselamatan pasien atau patient safety. Ada beberapa jenis sumber kesalahan yang dapat terjadi dalam layanan kesehatan secara umum yakni:

- kesalahan komunikasi (kegagalan komunikasi pasien atau yang mewakili pasien dengan praktisi, praktisi dengan staf non medis, atau antar sesama praktisi)

- manajemen pasien (delegasi atau penugasan yang tidak sesuai, kegagalan menelusuri, rujukan yang salah, dll)

- kinerja klinis (sebelum, sesudah dan selama intervensi)

Error atau kesalahan pada tingkat yang fatal dapat mengakibatkan pasien mengalami kesakitan lebih lama atau bahkan kematian, pasien dan keluarga dirugikan secara material dan psikologis, dan hal ini menyebabkan hilangnya kepercayaan terhadap profesional kesehatan.

Sasaran utama patient safety di laboratorium klinik adalah meningkatkan keselamatan pasien dan mengurangi kesalahan pada seluruh tahapan proses pemeriksaan. Fokus keselamatan pasien adalah tahap pre analitik (sebelum pemeriksaan) dan paska analitik (setelah pemeriksaan).

8414 Dilihat