INFORMASI LABORATORIUM

Informasi Laboratorium No. 2/2012

KULTUR DAN RESISTENSI DENGAN ALAT VITEK 2 COMPACT

Pemeriksaan kultur dan resistensi dengan menggunakan alat VITEK 2 Compact dilakukan untuk mendapatkan hasil identifikasi dan uji kepekaan (resistensi) antimikroba yang Informasi Laboratorium 02/12 3 lebih akurat, tervalidasi, terstandarisasi, dan relatif lebih cepat.

 

KELEBIHAN BESI PADA THALASSEMIA BETA

Kelebihan zat besi merupakan akibat buruk dari transfusi darah secara berulang yang dapat menyebabkan kerusakan organ, morbiditas, dan mortalitas jika tidak diterapi dengan baik. Beban besi dalam tubuh dapat diukur dengan menggunakan beberapa metode, termasuk biopsi hati dan kadar feritin serum. Pemeriksaan kadar ferritin serum jauh lebih nyaman dan mudah ditemui, namun dapat dipengaruhi oleh peradangan, penyakit kambuhan, kekurangan vitamin C dan hepatitis (peningkatan kadar ferritin) yang juga terdapat pada penderita thalassemia.

 

HIPERTRIGLISERIDEMIA DAN SMALL-DENSE LDL

LDL merupakan pembawa kolesterol utama di dalam plasma, dan sangat terlibat dengan proses aterosklerosis. Kelompok lipoprotein ini terdiri dari sejumlah subfraksi yang berbeda, dan umumnya dibagi menjadi partikel dengan ukuran besar, intermediet dan kecil. Small, dense LDL merupakan partikel yang aterogenik, karena partikel ini tertahan di dalam dinding arteri, siap untuk dioksidasi dan membawa enzim yang berperan di dalam aterosklerosis seperti lipoproteinassociated phospholipase A2 (4).

Pembentukan small dense LDL terjadi melalui intravascular lipoprotein remodelling sebagai hasil dari DM tipe 2, sindrom metabolik, penyakit ginjal dan pre-eclampsia. Faktor pencetus kunci adalah adanya hipertrigliseridemia, terutama peningkatan VLDL yang berukuran besar. Hal ini menyebabkan terbentuknya partikel LDL yang lambat dimetabolisme (residence time : 5 hari), yang menjadi sasaran proses pertukaran kolesterol ester dari inti partikel dan menggantikannya dengan TG. LDL yang sudah mengalami perubahan ini menjadi substrat yang potensial untuk hepatic lipase (HL). Jika aktivitas HL cukup tinggi, lipolisis akan menghasilkan partikel yang lebih kecil dan padat (4). Pengelolaan dislipidemia yang berkaitan dengan small, dense LDL dapat menggunakan fibrat dan statin. Fibrat berfungsi untuk menurunkan TG plasma, dan mengoreksi gangguan metabolik yang mendasarinya. Statin menghilangkan partikel VLDL via jalur yang dimediasi oleh reseptor dan mengurangi residence time LDL dalam sirkulasi (4).

 

Details >>
Page 1
Page sub

3789 Dilihat

INFORMASI LABORATORIUM