ARTIKEL KESEHATAN

Selasa, 12 September 2017

Laboratorium Satu-Satunya di Indonesia yang Mendapatkan Akreditasi CAP

artikel arlt

Di akhir Mei 2012 Prodia National Referrence Laboratory Jakarta* (Prodia Pusat Rujukan Nasional-Jakarta) mengikuti program akreditasi laboratorium, Laboratory Accreditation Program (LAP) dari College of American Pathologists (CAP), atau disingkat dengan CAP LAP dan dinyatakan berhasil mendapatkan akreditasi ini pada awal Juli 2012. Dengan keberhasilan tersebut, Prodia menjadi laboratorium klinik pertama dan satu-satunya di Indonesia yang berhasil mendapatkan akreditasi CAP, dan bergabung dengan 7.000 laboratorium klinik ternama di dunia yang memegang akreditasi ini.

Laboratorium yang telah terakreditasi CAP, secara periodik akan mengikuti proses surveilans oleh CAP. Tujuan surveilans adalah memastikan bahwa laboratorium menerapkan secara konsisten standar-standar yang telah ditetapkan. Laboratorium Klinik Prodia telah mengikuti surveilans pertama pada bulan Mei 2014, dan tahun ini Prodia direncanakan untuk mengikuti surveilans CAP yang kedua.

CAP adalah organisasi eksklusif beranggotakan ahli-ahli patologis** yang terbesar, dengan jumlah anggota 18.000 dokter dan komunikasi laboratorium di seluruh dunia, berdiri sejak tahun 1947 dan menjadi leader atau trend setter jaminan mutu laboratorium. CAP memiliki pengalaman akreditasi yang sangat luas dan melaksanakam program akreditasi laboratorium (CAP LAP) sejak 1961.

Akreditasi CAP

CAP LAP diakui secara international dan merupakan yang terbaik dalam hal pemantapan mutu (quality assurance), yang didesain untuk lebih dari sekedar memenuhi persyaratan. Program ini membantu laboratorium untuk mencapai standar mutu tertinggi dengan tujuan memberi dampak positif pada penanganan pasien. LAP fokus pada keunggulan standar laboratorium, prosedur dan praktik laboratorium yang baik (good laboratory practice), dan memenuhi persyaratan mutu CLIA (Clinical Laboratory Improvement Amendments).

Kelebihan akreditasi ini dibandingkan dengan yang lain adalah:

  • Evaluasi yang Komprehensif dan Menyeluruh

Semua hasil pemeriksaan harus akurat setiap saat di mana pun dilakukan. CAP mengakomodasi berbagai tipe dan skala laboratorium, sehingga semua laboratorium yang terakreditasi CAP secara konsisten dapat memberikan layanan terbaik.

  • Tim Inspeksi yang terdiri dari para Ahli di bidangnya

CAP satu-satunya program akreditasi yang melibatkan tim praktisi laboratorium multi disiplin sebagai pengawasnya. Karena merupakan praktisi dan terlibat dalam permasalahan laboratorium setiap hari, pengawas ini sangat kompeten dalam melakukan inspeksi yang spesifik pada setiap bagian laboratorium.

  • Kesempatan untuk Saling Berbagi Ide dan Informasi secara Paralel

Karena melibatkan profesional laboratorium sebagai pengawas dan mewakili laboratorium yang diinspeksi, maka selalu ada kesempatan untuk saling bertukar ide dan diskusi tentang teknik laboratorium.

  • Dikenal sebagai Pemain Terbaik dalam Industri Laboratorium

Lebih dari 83% laboratorium dan rumah sakit pendidikan ternama di dunia memilih CAP sebagai badan akreditasinya. Dengan melaksanakan standar tertinggi dalam laboratorium, pemegang akreditasi mendapatkan kepercayaan dan menjadi pemimpin dalam komitmen terhadap kualitas layanan pasien.

Komitmen dari Program LAP CAP sangat tinggi terhadap kualitas hasil laboratorium dengan menetapkan beberapa standar yang menjadi acuan saat melakukan inspeksi, yang mencakup: sumber daya manusia, aspek keselamatan dan fisik laboratorium termasuk ruang, instrumen/peralatan, sistem komunikasi dan pengolahan data, reagen dan perbekalan, penyimpanan dan fasilitas pembuangan limbah, aspek pre-analitik, analitil, pos-analitik, sistem validasi pemeriksaan, kinerja dan pengawasan quality control secara umum, metode dan spesifikasi pemeriksaan, dll.

Standar-standar di atas diterjemahkan ke dalam daftar persyaratan yang fokus dan detail. Daftar ini menjadi cetak biru dan panduan praktik mutu bagi laboratorium, dan juga digunakan oleh tim inspeksi sebagai panduan untuk menilai keseluruhan manajemen dan operasi laboratorium. Laboratorium yang melaksanakan prosesnya berdasarkan daftar tersebut, memiliki jaminan bahwa laboratorium akan menghasilkan pemeriksaan bermutu tinggi. Ketatnya program pengawasan ini didesain untuk memenuhi standar tertinggi penanganan seluruh pasien laboratorium.

Akreditasi bukanlah pencapaian atau target bagi Prodia, tetapi hanya sebagai bukti atau rapor akan mutu yang sudah kami bangun sejak awal berdiri. Pada akhirnya yang lebih penting adalah bagaimana kami secara konsisten melaksanakan prosedur praktik laboratorium yang baik dalam keseharian dengan pasien, seperti yang telah teruji pada inspeksi akreditasi, dengan tujuan memberi layanan terbaik yang menjunjung keselamatan pasien (patient safety) kepada pelanggan.

*Prodia National Referrence Laboratory-Jakarta (Prodia Pusat Rujukan Nasional-Jakarta) adalah laboratorium pusat rujukan bagi seluruh cabang Prodia se-Indonesia untuk pemeriksaan spesifik yang tidak dapat dilakukan sendiri di cabang.

**Patologis memgang peranan penting dalam penanganan kesehatan. Patologis adalah spesialisasi yang dapat menginterpretasikan data hasil pemeriksaan jaringan tubuh, darah, dan cairan tubuh lainnya untuk diagnosis dan penanganan pasien.

845 Dilihat
publik
dokter
perusahaan
Top Brands 2016 Frost & Sullivan Best Brand Gold

PT Prodia Utama

innodia Prodia th CRO Prodia accupational health institue ProSTEM ProLine