FORUM DIAGNOSTICUM

Forum Diagnosticum No.01/2012

Obesitas dan Sindrom Metabolik

Pada beberapa dekade terakhir telah terjadi peningkatan insiden obesitas di seluruh dunia. Obesitas dan gangguan metabolisme telah menjadi ancaman serius bagi kesehatan manusia di muka bumi, baik saat ini maupun di masa mendatang. Obesitas dan sindrom metabolik berkaitan dengan dislipidemia, gangguan metabolisme glukosa dan hipertensi serta merepresentasikan sejumlah faktor risiko diantaranya penyakit jantung koroner, aterosklerosis, diabetes di mana inflamasi memegang peran penting dalam patogenesisnya. Selain itu, peningkatan obesitas menyebabkan penurunan angka harapan hidup. (4,5,9,40,42)

Saat ini, telah jelas bahwa jaringan adiposa tidak hanya sekedar tempat penyimpanan dan termoregulator, namun juga sebagai organ yang aktif mensekresikan berbagai mediator yang dikenal dengan adipokin. Jaringan adiposa tidak hanya mempengaruhi keseluruhan metabolisme namun juga fungsionalitas berbagai organ dan jaringan seperti otot, hati, otak dan pembuluh darah. Peningkatan massa sel lemak memicu ketidakseimbangan pelepasan hormon yang pada akhirnya menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius. Selain itu, komplikasi obesitas yang seringkali disebut sebagai sindrom metabolik ditandai oleh resistensi insulin yang sering diikuti kerusakan sel beta pankreas, gangguan toleransi glukosa dan diabetes tipe 2, dislipidemia, hipertensi serta penyakit jantung prematur. (4,9,41)

Obesitas dan sindrom metabolik terbukti dapat menyebabkan berbagai gangguan, diantaranya fungsi kardiovaskular, ginjal, hati, dan sebagainya. Pemeriksaan laboratorium adalah salah satu parameter penting, baik dalam diagnosis maupun penanganan obesitas dan sindrom metabolik seperti memperkirakan keparahan penyakit, tindak lanjut perkembangan penyakit serta menilai efektivitas terapi. Selain itu pemeriksaan laboratorium memungkinkan klinisi mendapatkan informasi berguna sehingga dapat diambil keputusan pengobatan yang tepat.

 

Penulis : Serlayan Herman (Laboratorium Klinik Prodia)

Details >>
Page 1
Page sub

2793 Dilihat

FORUM DIAGNOSTICUM