Selasa, 31 Juli 2018

Apa Bedanya Wellness Testing dengan Check Up?

Dahulu, fokus upaya kesehatan lebih banyak dilakukan pada pengobatan (kuratif) dibandingkan tindak pencegahan (preventif). Saat ini, pasien diajak untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kesehatan mereka, berupaya meningkatkan wellness dan menempatkan diri sebagai partner tenaga kesehatan dalam melakukan pengambilan keputusan mengenai kesehatan mereka.

Wellness diartikan sebagai suatu proses untuk mendapatkan kehidupan yang baik, berpikir positif, keadaan fisik yang optimum, psikologis dan fungsi sosial, mengendalikan serta meminimalisasi faktor risiko penyakit atau kondisi kesehatan yang buruk.

Wellness adalah suatu sistem yang bersifat dinamis dan berkesinambungan. Saat kita berada pada wellness tingkat tertinggi atau bisa disebut "sehat optimal" , semua dimensi saling terintegrasi dan bekerja bersama.

Lingkungan kita (termasuk pekerjaan, sekolah, keluarga, komunitas) dan dimensi wellness berupa fisik, emosional, intelektual, okupasional, spiritual dan sosial sejalan antara satu dengan yang lain membentuk suatu keselarasan (harmoni).

Apa itu wellness testing?

Berawal dari suatu pemikiran bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, Laboratorium Klinik Prodia sebagai leader dalam bidang pemeriksaan laboratorium memperkenalkan wellness testing sebagai bagian dari tindakan pencegahan (preventive strategy).

Wellness testing adalah sekelompok pemeriksaan yang bermanfaat dalam mengidentifikasi risiko perkembangan penyakit pada tahap dini sebelum muncul gejala. Pada tahap dini, perkembangan penyakit dapat dicegah. Wellness testing dirancang untuk menghindari mahalnya biaya pengobatan yang mungkin akan dikeluarkan apabila terlanjur sakit serta konsekuensi yang fatal di masa mendatang.

Apa bedanya wellness testing dengan check up?

Check up yang dikenal selama ini adalah sekelompok pemeriksaan laboratorium minimal lengkap yang harus dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya kelainan atau penyakit. Penyakit yang dimaksud adalah penyakit yang banyak ditemukan dalam masyarakat, gejalanya tidak jelas, akibat yang ditimbulkan fatal, penyakit menular atau penyakit yang dapat ditunda atau dicegah dengan check up.

Berbeda dengan check up biasa (general medical check up) yang dilakukan pada orang sehat, wellness testing direkomendasikan untuk dilakukan pada orang dengan risiko tinggi atau orang yang didiagnosis mengalami perkembangan penyakit untuk mengetahui risiko komplikasi dini.

Memperingati Hari Keluarga Nasional selama bulan Juli hingga September 2018, manfaatkan keringanan biaya 8% untuk Panel Wellness Testing dan menangkan Paket Wisata Sehat ke Bali bersama keluarga Anda!* informasi lebih lanjut, klik disini.

5906 Dilihat