Senin, 23 Juli 2018

Gejala Demensia Yang Perlu Diwaspadai

Penderita demensia umumnya mengalami gejala-gejala sesuai dengan penyebabnya. Namun, gejala yang utama adalah perubahan kognitif dan psikologis. Gangguan kognitif itu adalah hilangnya ingatan, kesulitan berkomunikasi, kesulitan berbahasa dan bertutur kata, sulit memecahkan masalah atau merencanakan sesuatu, konsentrasi menurun, sulit menilai sesuatu dan mengambil keputusan, sulit mengkoordinasi pergerakan tubuh. Penderita gangguan kognitif itu suka merasa bingung dan linglung.

Sedangkan gejala dari segi psikologis, penderitanya itu sering depresi, gelisah, perubahan perilaku, paranoid dan merasa takut. Bahkan ada pula yang berhalusinasi, agitasi dan mudah marah.

Perlu pemeriksaan yang akurat

Menurut dr. Saunderajen, SpS, Msi Med, demensia tidak mudah didiagnosis, karena selain banyak penyebabnya juga banyak penyakit yang gejalanya mirip. Umumnya setelah melakukan pemeriksaan riwayat penyakit dan kesehatan pasien, serta ditanyakan keluarganya apakah ada yang menderita demensia, dilakukan pemeriksaan fisik dan tes pendukung, yang meliputi:

  1. Tes kognitif dan neuropsikologis

Memeriksa kemampuan berpikir, mengingat, orientasi, penilaian, konsentrasi hingga merangkai bahasa.

  1. Pemeriksaan neurologi

Memeriksa kemampuan motorik, keseimbangan, rasa dan refleks. Pemeriksaan ini untuk membedakan apakah kasus ini benar Alzheimer atau Parkinson.

  1. Pemindaian

Memeriksa kondisi otot, jaringan dan aliran listrik saraf otak melalui CT Scan, MRI, EEG dan PET scan.

  1. Pemeriksaan cairan tulang belakang

Untuk mendeteksi adanya infeksi atau peradangan pada sistem saraf.

  1. Tes psikiatrik

Dilakukan jika penderita mengalami depresi, kadang-kadang dia tidak mau mengatakannya, diam saja atau malah bertingkah emosional atau kondisi mental lainnya yang dapat memengaruhi kesehatan otak.

  1. Pemeriksaan darah

Untuk mengetahui adanya kelainan yang dapat memengaruhi fungsi otak seperti defisiensi vitamin B12 atau penurunan fungsi kelenjar tiroid.

Untuk pemeriksaan darah, Prodia memiliki Panel Demensia pada Usia Lanjut yang bermanfaat untuk pengelolaan pasien usila dalam kondisi demensia agar perkembangan penyakit dapat dihambat. Selama bulan Juli hingga September 2018, manfaatkan keringanan biaya 8% untuk Panel Demensia pada Usila dan menangkan kesempatan liburan bersama keluarga ke Bali! Info lebih lanjut, klik disini.

4984 Dilihat