Senin, 30 Agustus 2021

Konsisten Terapkan Program Keberlanjutan, Prodia Raih The Best CSR of the Year pada Indonesia CSR Awards 2021

JAKARTA, 30 Agustus 2021 – PT Prodia Widyahusada Tbk (Kode saham: PRDA) berhasil meraih peringkat ketiga The Best CSR of the Year untuk kategori Public Company-Non Finance pada ajang Indonesia Corporate Social Responsibility Awards (ICSRA) 2021 yang diselenggarakan oleh Majalah Economic Review. Peringkat pertama diraih oleh PT Astra Internasional Tbk dan peringkat kedua diraih oleh PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. Ajang ICSRA tersebut bertujuan untuk memberikan Apresiasi kepada perusahan-perusahaan di Indonesia yang berhasil mengembangkan dan melaksanakan program-program CSR yang memberi manfaat langsung dan berkelanjutan bagi penerima dan pembangunan berkelanjutan, serta bagi pengelolaan risiko dan dampak perusahaan.

Pengumuman pemenang dilakukan oleh Pendiri dan Ketua Dewan Juri ICSRA 2021 Irlisa Rahmadiana dan penghargaan diterima oleh Legal Head & Corporate Secretary Prodia, Marina Eka Amalia, secara virtual. “Kami mengapresiasi Economic Review dan Tim Dewan Juri yang telah menyelenggarakan acara ini setiap tahun. Penghargaan ini dapat memacu kami untuk terus berkontribusi kepada pemangku kepentingan kami melalui pelaksanaan program keberlanjutan yang lebih efektif dan tepat guna. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemangku kepentingan kami atas kepercayaan dan dukungannya kepada bisnis Prodia selama ini,” tutur Marina dalam sambutannya pada acara ICSRA 2021 (27/08).

Metode penilaian dan seleksi pemenang dilakukan berdasarkan beberapa tahapan diantaranya analisa Data, annual Report dan/atau sustainability report, website, company profile, data publik, dan interview virtual online. Selanjutnya, terdapat beberapa kategori pemenang yaitu perusahaan publik, perusahaan non-publik, BUMN, dan perusahaan swasta.

“Prodia meyakini bahwa tanggung jawab kepada seluruh pemangku kepentingan akan memberikan manfaat besar bagi keberlanjutan usaha Perusahaan. Oleh karena itu, kami merancang, mengimplementasikan dan memantau program-program keberlanjutan dengan berpegang teguh pada prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) untuk meningkatan kesehatan masyarakat, mengurangi dampak pada lingkungan, mengembangkan SDM yang berdaya saing tinggi, serta melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik demi meningkatkan kinerja keberlanjutan Perusahaan sekaligus berpartisipasi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs),” tambah Marina.

Program Keberlanjutan di Prodia termuat dalam Prodia Sustainable Action Plan. Prodia Sustainable Action Plan merupakan inisiatif dan upaya yang dilakukan oleh Prodia dalam rangka mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan sehingga dapat menciptakan nilai tambah bagi pemangku kepentingan termasuk diantaranya pemegang saham, pelanggan, tenaga medis, regulator, masyarakat, komunitas, dan lingkungan. Program ini memuat kontribusi Prodia dalam bidang kesehatan, pendidikan dan lingkungan yang sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Indonesia.

Program keberlanjutan yang dilaksanakan oleh Prodia diantaranya mendirikan Prodia Education and Research Institute (PERI) sebagai pusat pendidikan dan penelitian terbaik di bidang kedokteran dan kesehatan. Sejak tahun 2009, PERI juga telah menerbitkan The Indonesian Biomedical Journal yang berisi tentang hasil penelitian dan review artikel tentang pengembangan bidang ilmu biomedik. The Indonesian Biomedical Journal ini juga telah resmi terindeks Scopus. Pemberian beasiswa bagi karyawan untuk menempuh jenjang S1, S2 dan S3 dan beasiswa bagi anak karyawan dan mahasiswa. Hingga saat ini, Prodia telah mendukung lebih dari 4.000 penelitian dokter dan mengerjakan hampir lebih dari 400 pemeriksaan baru untuk kebutuhan riset. 

Program lainnya yang telah dilaksanakan oleh Prodia diantaranya melakukan skrining thalassemia kepada lebih dari 1.000 orang di seluruh Indonesia, dan memberikan bantuan pemeriksaan COVID-19 kepada lebih dari 3.800 orang pelayan publik yang berasal dari instansi diantaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Puskesmas, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Media, Kelurahan dan Kecamatan, dan instansi publik lainnya.  

******

Tentang PT Prodia Widyahusada Tbk

Laboratorium klinik Prodia didirikan pertama kali di Solo pada 7 Mei 1973 oleh beberapa orang idealis berlatar belakang pendidikan farmasi. Sejak awal, Andi Widjaja beserta seluruh pendiri lainnya tetap menjaga komitmen untuk mempersembahkan hasil pemeriksaan terbaik dengan layanan sepenuh hati.

Sebagai pemimpin pasar, sejak 2012 Prodia merupakan satu-satunya laboratorium dan klinik di Indonesia dengan akreditasi College of American Pathologists (CAP). Sehingga kualitas hasil tes dari laboratorium Prodia sejajar dengan laboratorium internasional.

Pada 7 Desember 2016, Bursa Efek Indonesia (BEI) meresmikan pencatatan saham perdana Prodia sebagai emiten ke-15 di tahun 2016, dengan kode saham “PRDA”. Dalam aksi korporasi itu, Prodia telah menawarkan saham perdana sebanyak 187,5 juta lembar saham. Dengan demikian, dana yang diraih dari penawaran umum perdana saham (IPO) perseroan mencapai sebesar Rp 1,22 triliun.

Hingga saat ini, Prodia telah mengoperasikan jejaring layanan sebanyak 269 outlet, termasuk di 127 kota di 34 provinsi di seluruh Indonesia, beberapa diantaranya merupakan Prodia Health Care (PHC) yakni layanan wellness clinic yang berbasis personalized medicine serta specialty clinics yang terdiri dari Prodia Children’s Health Centre (PCHC), Prodia Women’s Health Centre (PWHC) dan Prodia Senior Health Centre (PSHC).     

Prodia telah meluncurkan Kontak Prodia 1500-830 dan personal assistant virtual berbasis online Tanya Prodia (TANIA). TANIA dapat diakses oleh siapapun khususnya pelanggan Prodia secara langsung kapanpun dan dimanapun secara online diantaranya melalui LINE: @prodia.id, Telegram: @prodia.id, Facebook Messenger: @prodia.id dan Website Prodia: www.prodia.co.id.

 

Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi www.prodia.co.id atau menghubungi:

Marina Eka Amalia   

Legal Head & Corporate Secretary

PT Prodia Widyahusada Tbk. 

Ph.       +62-21-3144182 ext 3816

Email     corporate.secretary@prodia.co.id                                    

 

95 Dilihat