Thursday, 03 August 2017

Monitoring Your Children’s Health with Children Check-Up Panel

Medical check up untuk anak tak kalah penting dengan pemeriksaan pada orang dewasa, meskipun mereka tidak sakit. Dengan melakukan check up secara teratur akan memastikan anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain pemeriksaan fisik, pemeriksaan mata, telinga dan mulut, serta pemeriksaan perkembangan lainnya, diperlukan juga beberapa pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui status kesehatan anak.

Panel check up anak merupakan sekumpulan pemeriksaan laboratorium yang dirancang untuk tujuan mendeteksi penyakit dan menentukan risiko suatu penyakit pada anak-anak yang dikelompokkan berdasarkan usia. Panel check up anak disesuaikan dengan prevalensi penyakit terbesar di masyarakat.

Manfaat : Pemeriksaan pada anak sebaiknya dilakukan sejak ia baru lahir, untuk mengetahui ada tidaknya kelainan yang diderita. Jika ditemukan kelainan dapat diatasi dengan segera sehingga tidak menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak.

Panel Uji Saring Neonatus

Dianjurkan untuk diperiksa pada : Bayi baru lahir yang berumur 48-72 jam / 2-3 hari.

Manfaat : Mendeteksi defisiensi G6PD yang dapat menyebabkan beberapa kondisi seperti anemia hemolitik dan hiperbilirubinemia pada bayi baru lahir dan mendeteksi kemungkinan adanya kelainan hipotiroid kongenital yang dapat menyebabkan keterbelakangan mental, kretinisme (terhambatnya pertumbuhan dan mental) dan lain-lain agar dapat diberikan pengobatan sedini mungkin supaya bayi dapat tumbuh dan berkembang normal.

Panel Usia 1-12 Bulan (Bayi)

Dianjurkan untuk diperiksa pada : Anak usia 1-12 bulan

Manfaat : Pemeriksaan yang dipilih untuk kelompok usia ini ditujukan untuk mengetahui adanya anemia yang disebabkan kurangnya cadangan besi, antara lain karena berat lahir rendah, bayi lahir prematur, lahir kembar, susu formula rendah besi, anemia selama kehamilan dan alergi susu formula.

Panel Usia > 1-3 Tahun (Batita)

Dianjurkan untuk diperiksa pada : Anak usia > 1 - 3 tahun

Manfaat : Pemeriksaan yang dipilih untuk kelompok usia ini ditujukan untuk mengetahui kemungkinan anemia yang disebabkan kurangnya asupan besi, infeksi berulang/kronis dan malabsorbsi dan kemungkinan infeksi saluran kemih (ISK) sebagai akibat masuknya kuman ke dalam saluran kemih.

Panel Usia > 3-5 Tahun (Pra Sekolah)

Dianjurkan untuk diperiksa pada : Anak usia > 3 - 5 tahun

Manfaat : Pemeriksaan yang dipilih untuk kelompok usia ini ditujukan untuk mengetahui kemungkinan anemia yang disebabkan asupan besi kurang karena jenis makanan kurang mengandung Fe jenis heme atau minum susu berlebihan, obesitas, infeksi berulang/kronis baik bakteri,virus ataupun parasit, kehilangan darah berlebihan akibat perdarahan (antara lain infeksi cacing tambang) infeksi saluran kemih (ISK) serta status nutrisi anak.

Panel Usia > 5 - 12 Tahun (Usia Sekolah)

Dianjurkan untuk diperiksa pada : Anak usia > 5 - 12 tahun

Manfaat : Pemeriksaan yang dipilih untuk kelompok usia ini ditujukan untuk mengetahui kemungkinan anemia yang disebabkan kehilangan berlebihan akibat perdarahan (antara lain infeksi cacing tambang) dan menstruasi berlebihan. Selain itu untuk mendeteksi infeksi saluran kemih (ISK), infeksi bakteri pada feses, status nutrisi dan obesitas.

Panel Usia > 12 - 18 Tahun (Remaja)

Dianjurkan untuk diperiksa pada : Anak usia > 12 - 18 tahun

Manfaat : Pemeriksaan yang dipilih untuk kelompok usia remaja ditujukan untuk mengetahui kemungkinan anemia yang disebabkan kehilangan berlebihan akibat perdarahan (infeksi cacing tambang) dan menstruasi berlebihan. Selain itu panel ini untuk mendeteksi infeksi saluran kemih (ISK), infeksi bakteri pada feses, status nutrisi obesitas, diabetes mellitus dan hipertensi.

6925 views